Image
Beranda
Follow US:

Pemusnahan Temuan Illegal Logging di SM Giam Siak Kecil

Pemusnahan Temuan Illegal Logging di SM Giam Siak Kecil

Pekanbaru, 28 September 2021. Tim Bidang KSDA Wilayah II Balai Besar KSDA Riau melakukan patroli perairan pengamanan kawasan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, Kab. Siak dengan menyisiri sungai Siak Kecil yang berada di dalam kawasan pada tanggal 21-24 September 2021. 

Tim menemukan kayu olahan yang sudah dirakit sebanyak 12 rakit (+/- 10 M3) dan 1 pondok yang langsung dimusnahkan dengan cara kayu olahan tersebut dipotong menjadi 4 bagian menggunakan chainsaw dan pondok dibakar secara aman. Tim juga kembali menemukan 4 pondok pelaku illegal logging, 1 sepeda kargo, 1 jirigen 35 liter BBM dan kayu olahan (+/- 4 M3). yang langsung dimusnahkan dengan  cara yang sama.  Di tempat yang berbeda, Tim menemukan kembali 2 pondok pelaku illegal logging dan 1 jirigen 35 liter BBM serta 1 pondok dan kayu olahan sebanyak (+/- 8 Kubik) yang langsung dimusnahkan dengan cara dibakar secara aman dan kayu olahan dipotong menjadi beberapa bagian.

Para pelaku tidak dijumpai di lokasi, diduga setelah petugas masuk ke dalam kawasan, para illoger telah bergegas mengamankan diri. Di dalam kawasan, Tim juga bertemu dengan 2 orang yang mengaku sedang memasang jerat kancil dan langsung diberi peringatan agar tidak memasang jerat lagi serta meminta data mereka sebagai pengumpulan bahan dan keterangan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau