Image
Beranda
Follow US:

Menggali Rezeki, Petani Kembangkan Vanili

Menggali Rezeki, Petani Kembangkan Vanili

Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan Kegiatan Restorasi Ekosistem   PT. Alam Bukit Tiga Puluh yang berlokasi di Kabupaten Tebu Provinsi Jambi dengan areal Konsesi seluas 38.665 Ha.

Selain melakukan Kegiatan  restorasi ekosistem, PT. Alam Bukit Tiga Puluh juga melakukan Kerja sama melalui Pola Kemitraan dengan Masyarakat/Kelompok Tani Hutan (KTH) untuk Budidaya Hasil Hutan Bukan Kayu Khususnya Vanili.

Vanili adalah tanaman penghasil bubuk Vanili yang dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

KTH Bersama PT. Alam Bukit Tiga Puluh sudah membangun persemaian dengan jumlah ±21.000 bibit vanili dengan jenis Vanilla Planifolia. KTH juga sudah melakukan Penanaman Vanili disela-sela tanaman gamal untuk merambat vanili. Tanaman Vanili aru berumur 3 bulan.

Pemeliharaan Vanili dengan melakukan penyiangan, pengikatan , pemangkasan tanaman gamal, pemberian Pupuk dan Pengaturan Sulur. 

Harapan Petani dengan menanam Vanili menjadi sumber penghasilan menggali rezeki, dan terima kasih kepada PT. Alam Bukit Tiga Puluh untuk agar ditingkatkan Kembali kapasitas SDM dengan melakukan Pelatihan, Penyediaan Pupuk Kompos dan jika sudah panen untuk fasilitasi Pemasaran penjualan vanili.