Image
Beranda
Follow US:

Lanustika, Harimau Sumatera Yang Viral di Teluk Lanus Akhirnya Menampakkan Diri

Lanustika, Harimau Sumatera Yang Viral di Teluk Lanus Akhirnya Menampakkan Diri

Pekanbaru, 12 September 2021. Ini dia wajah si cantik dari Teluk Lanus yang diberi nama Lanustika.  Lanustika kini menjadi penghuni sementara Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD) di Sumatera Barat, sebelum nantinya siap dilepasliarkan kembali. Tentunya di habitat yang jauh dari pemukiman penduduk untuk menghindari konflik, dengan catatan perambah dan para illoger tidak mendatangi rumahnya untuk merusak habitatnya.

Upaya evakuasi Lanustika sang harimau sumatera yang viral sebelumnya di Teluk Lanus telah terlaksana dengan baik. Begitu harimau tertangkap, Tim langsung membawanya ke PRHSD melalui jalur Pekanbaru pada 9 September 2021 sekitar pukul 22.00 WIB bersama Tim dokter hewan Balai Besar KSDA Riau dan Arsari yang selalu mendampingi. Tim baru tiba keesokan harinya (10/9) pada pukul 12.00 WIB yang memakan waktu cukup panjang, hal itu disebabkan Tim harus sangat berhati hati membawa harimau sumatera tersebut dan beberapa kali berhenti untuk menyiramkan air ke tubuh harimau agar satwa nyaman dan tidak stress. 

Sesampainya di PRHSD, satwa dimasukkan ke dalam kandang perawatan dan terpantau secara umum kondisi harimau sumatera tersebut sehat. Balai Besar KSDA Riau segera melakukan serah terima kepada Balai KSDA Sumatera Barat yang juga disaksikan oleh perwakilan PRHSD.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau