Image
Beranda
Follow US:

Berkeliaran dan Merusak, BBKSDA Riau Evakuasi Monyet Serahan Warga

Berkeliaran dan Merusak, BBKSDA Riau Evakuasi Monyet Serahan Warga

Pekanbaru, 7 Juni 2021 - Resort Bukit Rimbang Balai Besar KSDA Riau menerima penyerahan 1 ekor satwa Monyet/Beruk (Macaca nemestrina) di Desa Petai, Kec. Singingi Hilir, Kab.Kuansing pada Sabtu, 5 Juni 2021. Satwa tersebut merupakan penyerahan warga Desa Petai (bapak Risurupika).

Berdasarkan keterangan yang bersangkutan,satwa tersebut awalnya sering berkeliaran di pemukiman warga dan merusak kandang ternak serta memakan telur ayam. Oleh karena itu, pak Risurupika membuat perangkap untuk menangkap Beruk yang diletakkan di belakang rumahnya dan akhirnya menjelang sore, Beruk telah masuk perangkap. Kemudian yang bersangkutan melaporkan hal tersebut kepada Resort Bukit Rimbang, Balai Besar KSDA Riau di desa Petai untuk diserahkan.

Hasil identifikasi, Beruk berjenis kelamin betina, dengan umur kurang lebih 25 s.d. 30 tahun, kondisi sehat dan agresif.

Petugas Resort juga tak lupa memberikan arahan dan himbauan kepada warga untuk kedepannya agar selalu berkomunikasi dengan Balai Besar KSDA Riau terlebih dahulu dalam penanganan satwa dan tetap tidak anarkis terhadap satwa liar.

Setelah dipastikan bahwa satwa dalam kondisi sehat/lincah dan tidak ditemukan luka luka atau cacat maka Tim membawa satwa tersebut untuk di lepasliarkan ke habitatnya yang lebih representatif dan aman dari keberadaan masyarakat. Evakuasi dan pelepasliaran satwa disaksikan langsung oleh bapak Risurupika.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau