Image
Beranda
Follow US:

PUASA TAK PADAMKAN SEMANGAT DALAM PENGENDALIAN KARHUTLA

PUASA TAK PADAMKAN SEMANGAT DALAM PENGENDALIAN KARHUTLA

Sukamara_BPPIKHL Kalimantan.Meski di tengah puasa Ramadhan Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Kalimantan III/Pangkalan Bun  (Pondok Kerja Kab.Sukamara) bersama  Tentara Nasional Indonesia (TNI)Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukamara  dan Kesatuan pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sukamara-Lamandau melakukan pemadam pada lahan gambut di Desa Natai Sedawak,  Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (26/04).

Medan yang sulit di lewati kendaraan roda empat dan ketersediaan bahan bakar yang kering cukup untuk memicunya penjalaran api tak menjadi halangan bagi Tim Reaksi Cepat (TRC) Gabungan Pengendalian Karhutla Kabupaten Sukamara.


Kepala BPBD Kabupaten Sukamara, Agus Mulyanto,.S.T. M.A.P menjelaskan bahwa dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan anggota TRC Gabungan tidak mengenal Bulan Puasa tetap melaksanakan tugas dengan semangat serta penuh rasa tanggung jawab semata-mata karena panggilan rasa kemanusiaan, agar wilayah kabupaten Sukamara khususnya dan Indonesia pada umumnya bebas dari bencana asap.

"Kami berharap perhatian dari Pemerintah Pusat untuk membantu kami dalam Peralatan Penanganan Karhutla yang memadai, 
kami siap berdiri digaris terdepan bersama teman-teman dari TNI,Polri,Manggala Agni, KPHP serta MPA dan TSA dalam melaksanakan tugas", tuturnya, Selasa (27/04).

Curah hujan yang mulai berkurang pada bulan Ramadhan di wilayah kerja Manggala Agi Daerah Operasi (Daops) Kalimantan III/Pangkalan Bun meningkatkan keberadaan titik panas (hotspot) di Kabupaten Sukamara dan sekitarnya.

"Peningkatan jumlah titik hotspot mulai terlihat di beberapa wilayah kerja kami, penetapan status siaga karhutla dari daerah juga telah ditetapkan,  langkah-langkah selanjutnya kita tingkatkan pencegahan " tutur Binsar Oktavianus Togatorop, Kepala Daops Kalimantan III/Pangkalan Bun, Senin (26/04)


Binsar 
juga mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan upaya pengendalian karhutla, di mulai dari patroli pencegahan,  sosialisasi serta deteksi dini HotSpot, melakukan pengecekan secara langsung kepada lokasi yang terpantau dan mengutamakan pemadaman dini pada lokasi karhutla.

(Tim Humas Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan 2021; Daops Kalimantan III/Pangkalan Bun; AF/NA; editor NFA)