Image
Beranda
Follow US:

Pemberdayaan Mitra Perhutanan Sosial dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bukit Amanah

Pemberdayaan Mitra Perhutanan Sosial dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bukit Amanah

Bandung,  23 April 2021 – Dalam rangka meningkatkan peran aktif multipihak untuk mendukung keberhasilan Program Perhutanan Sosial, Direktorat Kemitraan Lingkungan mengadakan  acara Pertemuan Pemberdayaan Mitra Perhutanan Sosial pada LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Bukit Amanah Kabupaten Bandung., bertempat di Hotel eL Royale Bandung pada tanggal 23 April 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Daerah diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi dan Kabupaten, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian serta Dinas Pariwisata. Sedangkan dunia usaha diwakili oleh PT Bank Mandiri Kabupaten Bandung, Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung, General Manager The Papandayan Hotel serta Perum Perhutani Regional Jawa Barat. Sedangkan yang mewakili Akademisi antara lain Universitas Telkom Bandung, Universitas Islam Nusantara Bandung dan Sekjen APTIKOM Pusat (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika). Unsur "Local Champions" diwakili para pemenang Kalpataru dari Provinsi Bandung antara lain Bapak Heri Supriyatna penerima Kalpataru tahun 2017 dan Bu Oday penerima Kalpataru tahun 2018.

LMDH Bukit Amanah mempunyai 2 (dua) kelola usaha prioritas yaitu (1) Produk Kopi dalam bentuk biji maupun bubuk dan (2) Ekowisata pemandangan alam di dataran tinggi yang indah merupakan obyek kegiatan masyarakat setempat. Dua kegiatan prioritas diatas inilah yang akan dikerjasamakan antara dunia usaha, dan para penerima Kalpataru.

Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh mitra antara lain Budidaya dan pengelolaan tanaman obat serta membuka peluang promosi yang akan dikerjasamakan kepada para pemenang Kalpataru Provinsi Jawa Barat yaitu Bu Oday dan Bapak Heri. Membuka peluang untuk promosi bubuk kopi kemasan dan Obyek Pariwisata akan dilakukan melalui outlet-outlet yang ada di hotel dan kegiatan pariwisatanya akan dikerjasamakan dengan PHRI, serta Hotel Papandayan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung. Sedangkan Perguruan Tinggi akan mendukung peningkatan kapasitas anggota LMDH baik laki-laki maupun perempuan melalui pelatihan-pelatihan seperti pelatihan fotografi/audio visul (Digital) dengan Universitas Telkom Bandung yang sudah dilakukan sejak tahun ini dan juga menjadikan obyek kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) bagi mahasiswa di Universitas lainnya.

Kegiatan Mitra Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan pada acara tersebut di buka langsung oleh Direktur Kemitraan Lingkungan Dra. Jo Kumala Dewi, M.Sc dan diharapkan kegiatan ini dapat mempercepat upaya menciptakan hutan yang lestari dan masyarakat sejahtera.