Image
Beranda
Follow US:

Sukses Dalam Virtual Tour, BTN. Aketajawe Lolobata Buka Wisata Gua

Sukses Dalam Virtual Tour, BTN. Aketajawe Lolobata Buka Wisata Gua

Sofifi, 27 April 2021. Wisata virtual yang baru saja dilaksanakan (27/04) oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi atau PJLHK telah memberikan dampak yang baik pada Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (BTNAL) khususnya wisata gua. Tak kurang dari 170 peserta virtual tour yang bertemakan “Wisata Gua” antusias dalam mengikuti acara tersebut. Hal ini tampak dari aktifnya diskusi dan berbagai pertanyaan yang tercatat di ruang diskusi dalam zoom meeting.

Acara ini dipandu oleh Roland (Polhut) dan As Ari (PEH) dari BTNAL yang dibarengi dengan pemutaran video wisata susur gua. Gua yang ditampilkan adalah gua Sugili. Gua ini dipilih karena memiliki keunikan dan akses yang menantang. Sangat sesuai dengan wisatawan yang senang dengan wisata ekstrim. Roland dan As Ari menerangkan bahwa goa ini memiliki pintu masuk vertikal sedalam tujuh meter yang kemudian masuk kembali ke lorong-lorong horisontal yang memiliki ornamen dan aliran sungai bawah tanah setelah menjelaskan akses menuju Resort Ake Jawi yang merupakan tempat gua Sugili berada. Sesuai dengan namanya, gua Sugili dapat dijumpai ikan sugili atau biasa disebut dengan ikan sidat, yaitu belut air tawar. Fauna lainnya seperti laba-laba, burung walet, ikan lele dan serangga lainnya juga dapat ditemukan dalam gua indah ini.

Sungai bawah tanah yang deras menambah adrenalin dalam menyusuri lorong yang gelap gulita. Wisatawan yang masuk dalam gua ini akan dibekali dengan pelampung, karena kedalaman air di dalam gua bisa mencapai empat meter. Ornamen gua berupa stalaktit dan stalakmit terus tumbuh, karena mengalir air yang lumayan deras dari atap gua.

Roland dan As Ari menjelaskan selain gua Sugili, terdapat gua Toto, gua Tata dan gua JPG yang sangat direkomendasikan untuk dijelajahi. Wisatawan yang berkunjung akan disediakan peralatan susur gua dan diberikan pelatihan singkat untuk menggunakan peralatan SRT atau Single Rope Technique oleh pemandu yang berpengalaman.

“Dalam waktu dekat, kami (BTNAL) akan membuat paket wisata susur gua”, kata Heri, Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata setelah acara virtual selesai.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polhut BTN Aketajawe Lolobata