Image
Beranda
Follow US:

BBKSDA Riau Evakuasi Bangkai Duyung

BBKSDA Riau Evakuasi Bangkai Duyung

Pekanbaru, 10 Februari 2021 - Petugas Resort Dumai, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV, Balai Besar KSDA Riau pada Minggu, 7 Februari 2021 menindaklanjuti laporan masyarakat tentang adanya bangkai satwa yang terdampar di pantai dekat PT. Pelabuhan Mundam (PMS) sebelah Pantai Pulai Bungkuk Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai.

Hasil pengecekan petugas, Duyung (Dugong dugon) ditemukan dalam kondisi mati dengan panjang sekitar 2 meter, lingkar perut 40 cm dan berat sekitar 140 Kg. Adapun  penyebab kematian tidak diketahui karena ditubuh satwa tersebut tidak ditemukan ada bekas luka atau sobekan (bila kena jaring atau baling2 kapal). Karena bau bangkai Duyung (Dugong Dugon) tersebut sudah sangat menyengat, maka Tim Resort  Dumai, Seksi Konservasi Wilayah IV bersama dengan masyarakat setempat langsung menguburkan  bangkai Duyung (Dugong dugon) tersebut.

Sebagai informasi, kronologis kejadiannya pada tanggal 6 Februari 2021 sekitar pukul 18.00 WIB, masyarakat atas nama Djohar Mayuda yang bekerja di PT. Pelabuhan Mundam Sejahtera mencium bau bangkai tak sedap dan menyengat di sekitar pantai PT tersebut. Karena keingintahuannya, akhirnya Yuda mendekat ke sumber bau dan dilihatnya ada bangkai yang dia duga sebagai seekor Pesut. Yuda langsung melaporkan ke call center Balai Besar KSDA Riau.

Kemudian pada tanggal 7 Februari 2021, sesuai perintah dan arahan Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV, Tim Resort Dumai bersama masyarakat setempat dan KPA Jenggala  langsung mengecek ke lokasi. Setelah dicek ternyata bangkai tersebut bukan Pesut, akan tetapi seekor Duyung (Dugong dugon). Satwa tersebut sudah mati dan terdampar  kurang lebih  30 meter dari bibir pantai.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau