Image
Beranda
Follow US:

Polybag Ramah Lingkungan, Produk Kelompok Tani Desa Penyangga TN Bukit Baka Bukit Raya

Polybag Ramah Lingkungan, Produk Kelompok Tani Desa Penyangga TN Bukit Baka Bukit Raya

Sintang, 01 Desember 2020. Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) mendorong usaha ekonomi  produktif masyarakat anggota kelompok mitra konservasi melalui berbagai upaya peningkatan kapasitas dan membuka peluang pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat.  Masyarakat anggota Kelompok Tani Tungku Sengkumang di Desa Nusa Poring-Kecamatan Menukung; Kabupaten Melawi pada wilayah kerja Resort Mentatai, SPTN Wilayah I Nanga Pinoh memiliki keahlian dalam hal membuat kerajinan anyaman. Berbagai jenis anyaman dari bahan rotan, bambu, kajang, purun dan resam dengan bentuk yang beragam dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya masyarakat menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat anyaman untuk perkakas dalam kegiatan pertanian dan kebutuhan sehari-hari di rumah.

Kelompok Tani Tungku Sengkumang merupakan salah satu kelompok tani yang berada di desa penyangga TNBBBR dan telah menjalin kemitraan konservasi dengan BTNBBBR dalam pengelolaan zona tradisional dan pemberdayaan masyarakat. Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang selama ini dilakukan oleh masyarakat salah satunya adalah daun kajang (Pandanus epiphyticus) yang digunakan masyarakat sebagai bahan membuat anyaman tempajak (tempat penyimpan beras), tikar, kipas dan wadah bibit padi untuk berladang.

Masyarakat melakukan inovasi pemanfaatan daun kajang untuk membuat anyaman dengan bentuk serupa wadah tanam/ polybag untuk menyemai bibit tanaman. Pemanfaatan bahan organik dalam proses persemaian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai konservasi pada lingkup yang lebih luas. Bahan ini tidak meninggalkan sampah plastik dan dapat hancur dengan sendirinya saat proses penanaman bibit di alam. Penggunaan wadah tanam organik dalam proses persemaian merupakan sinergi konservasi yang melibatkan masyarakat di sekitar kawasan untuk turut memberikan andil dalam pelestarian dan konservasi alam.

Melalui proses pendampingan serta pengembangan produk dan pasarnya, Kelompok Tani Tungku Sengkumang berhasil memenuhi pesanan awal dari Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) sebanyak 1000 buah pada bulan Oktober  2020.

Pengembangan serta inovasi produk anyaman terus dilakukan masyarakat dengan pendampingan dari BTNBBBR untuk menciptakan produk-produk yang berdaya saing di pasaran serta memiliki kontribusi pada upaya konservasi dan pelestarian lingkungan.

Sumber   :   

  • Agung Nugroho, S.Si., MA. (Kepala Balai TN Bukit Baka Bukit Raya).
  • Helmy Adhi Kusuma, S.Hut., ME. (Penyuluh Balai TN Bukit Baka Bukit Raya).
  • Humas Dan Publikasi Balai TN Bukit Baka Bukit Raya
  • Contact Person           :    Dudy Kurniawan
  • Call Centre                   :    082158564609
  • e-mail                           :    bukitbakabukitraya@gmail.com