Image
Beranda
Follow US:

Membangun Jejaring Pengendalian Karhutla di TN Gunung Ciremai melalui Pembentukan MPA

Membangun Jejaring Pengendalian Karhutla di TN Gunung Ciremai melalui Pembentukan MPA

Pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga kini masih menjadi Prioritas Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Salah satu Direktorat Jenderal yang memiliki tanggung jawab dalam pengendalian karhutla adalah Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI). Seluruh UPT dibawah Ditjen PPI memfokuskan kegiatannya dalam hal pencegahan karhutla, termasuk Balai PPIKHL JabalNusa. Salah satu kegiatan pencegahan karhutla yang dilakukan oleh Balai PPIKHL Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara pada tahun 2020 ini adalah membangun jejaring pengendalian karhutla melalui Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) di beberapa daerah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Setelah membentuk MPA di wilayah Bali Utara pada Juli lalu, BPPIKHL JabalNusa kembali membentuk satu kelompok MPA dengan nama “Kidang Kancana” melalui kerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai pada tanggal 3 dan 4 September 2020. Anggota Kelompok MPA terdiri dari masyarakat Desa Bantaragung dan Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Kedua desa ini merupakan desa rawan karhutla di sekitar wilayah Balai TN Gunung Ciremai. Masyarakat di kedua desa sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Bagi mereka, menjaga kelestarian hutan merupakan hal yang penting dan harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Pembentukan MPA dibuka oleh Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Seksi MPA. Beliau berharap para anggota MPA dapat menjadi suri tauladan bagi dirinya sendiri maupun bagi orang di sekitarnya.

Mengacu pada Perdirjen PPI No. 3 Tahun 2020 tentang Pembentukan dan Pembinaan MPA, BPPIKHL JabalNusa juga memberikan materi pembekalan teknis, yang menititikberatkan pada penguatan kelembagaan MPA, pengenalan pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Selain masyarakat desa, kegiatan ini juga disambut baik oleh berbagai pihak yang turut serta dalam kegiatan pengendalian karhutla, diantaranya Kapolsek Sindangwangi dan Danramil Rajagaluh. Dalam sambutannya, Kapolsek Sindangwangi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan Pembentukan MPA. Beliau juga berharap sinergitas antar muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) dapat tetap terjaga guna kelestarian hutan.

Kehumasan BPPIKHL JabalNusa

I Dewa Ngakan Gede Anom AWSK Nur Rais Irfan Aminuddin