Image
Beranda
Follow US:

Kompak, Rimbawan Maluku Utara Bersama-sama Merayakan HBR ke-37

Kompak, Rimbawan Maluku Utara Bersama-sama Merayakan HBR ke-37

Sofifi, 18 Maret 2020. Kemarin (16/03) merupakan hari yang bersejarah bagi para Rimbawan di nusantara. Pasalnya hari ini diperingati sebagai Hari Bakti Rimbawan (HBR). Kegiatan ini dilaksanakan di Sofifi mulai dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 16 Maret 2020 dengan tema “Hutan untuk kesejahteraan rakyat dan lingkungan sehat”.

Rangkaian kegiatan HBR yang sudah memasuki usia yang ke-37 ini terdapat berbagai perlombaan olahraga, kegiatan sosial, talkshow dan penanaman yang kemudian di tutup dengan ramah tamah dan pembagian hadiah. Perlombaan terdiri dari lomba sepak bola gawang sedang, bulutangkis, voli, tenis meja, catur, domino, dan lomba joget. Sedangkan untuk anak-anak rimbawan diadakan lomba mewarnai dan balap kelereng. Kegiatan sosial yang direncanakan adalah donor darah yang bekerjasama dengan PMI Maluku Utara. Namun dikarenakan maraknya berita tentang virus covid-19 maka kegiatan donor darah tidak dilaksanakan.

Peserta kegiatan Hari Bakti Rimbawan ke-37 ini adalah seluruh rimbawan yang ada di Maluku Utara, yaitu Dinas Kehutanan Provinsi, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Ake Malamo, Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Maluku Utara. Selain itu beberapa mitra juga turut dalam mendukung kegiatan tahunan ini, yaitu PT Sarbi Moerhani Lestari, PT Berkah Hijrah Halmahera, PT Tekindo Energi, PT Rimba Kurnia Alam, PT Wana Tiara Persada, PT Telaga Bakti Persada, PT Mahakarya Hutan Indonesia, PT Aneka Tambang, dan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Komda Maluku UTara.

Hari pertama dan kedua dilaksanakan lomba olah raga. Sedangkan hari ketiga dilaksanakan kegiatan jalan sehat seluruh rimbawan. Jalan sehat ini memperebutkan doorprize utama, yaitu sebuah sepeda motor matic. Setelah jalan sehat, acara dilanjutkan dengana talkshow, yaitu dengan menghadirkan beberapa narasumber dari pemerintah, akademisi dan swasta. Dari pemerintah menghadirkan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, Kepala BPDASHL Ake Malamo, dan Kepala Balai TNAL. Sedangkan dari akademisi dan swasta menghadirkan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate dan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI). Disela-sela talkshow panitia membacakan undian doorprize jalan sehat. Doorprize tersebut dimenangkan oleh Odih Suhendi, Polisi Kehutanan di Resort Wasileo, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Dalam acara talkshow tersebut Kepala Dinas Kehutanan, M. Syukur Lyla menceritakan tentang pengalaman saat menjadi rimbawan pertama kali di Maluku Utara, yaitu dengan memulai bekerja di beberapa perusahaan bidang kehutanan di Maluku Utara, sampai mendapatkan rekomendasi menjadi Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara.

Narasumber lainnya juga berharap agar kelestarian hutan khususnya di Maluku Utara tetap terjaga dan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

Keesokan harinya, yaitu acara penutupan HBR sekaligus ramah tamah seluruh rimbawan. Pada acara ini dibacakan seluruh pemenang lomba olah raga. Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata kembali menjadi juara umum lomba dalam rangka HBR ke-37 dan berhasil mempertahankan gelarnya selama 3 tahun berturut-turut.

“Kegiatan Hari Bakti Rimbawan ini dari kita (Rimbawan) oleh kita dan untuk kita”, kata Kepala Dinas Kehutanan.

“Mari kita ciptakan motivasi dan semangat untuk membangun kehutanan di Maluku Utara”, tutupnya.

Sumber: Akhmad David Kurnia Putra (Polisi Kehutanan Penyelia Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata)