Image
Beranda
Follow US:

Cegah COVID-19, BBKSDA Sumut Sosialisasi ke Penjual Kalong

Cegah COVID-19, BBKSDA Sumut Sosialisasi ke Penjual Kalong

Medan, 11 Maret 2020. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe melakukan sosialisasi dalam rangka antisipasi dan pencegahan COVID 19, di sepanjang jalan Medan-Berastagi, pada Jumat 6 Maret 2020. Sosialisasi ini dilakukan menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Nomor: S. 150/KSDAE/KKH/ICSA2/2/2020 tanggal 7 Februari 2020, perihal Kewaspadaan Dampak Novel Corona Virus/Virus Corona.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  Cq. Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) adalah focal point kesehatan satwa liar bersama 3 (tiga) kementerian lainnya (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Kesehatan), mempunyai tanggung jawab  untuk mencegah, menanggulangi dan berbagi informasi kesehatan terutama penyakit zoonotik dan Penyakit Infeksi Baru (PIB), termasuk Corona Virus.  Novel Corona adalah virus yang termasuk dalam famili Coronaviridae dan bersifat zoonotic dimana dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan satwa;

Salah satu upaya kewaspadaan dari potensi dan ancaman Novel Corona Virus/Virus Corona adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kali ini sasarannya adalah  para penjual kalong (kelelawar) di Kecamatan  Pancur Batu dan Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, yang menjadi wilayah kerja Bidang KSDA Wilayah I. Sosialisasi ini dilakukan disamping untuk menjaga kewaspadaan juga pencegahan dan mengantisipasi merebaknya wabah penyebaran Novel Corona Virus dengan memberikan pemahaman, meningkatkan pengetahuan, kesadaran, serta kepedulian masyarakat.

Tim Sosialisasi terdiri dari Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe Mustafa Imran Lubis, SP  Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang Tuahman Raya, S.Sos, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat Herbert BP Aritonang S.Sos, MH, Dokter Hewan dari PPS Sibolangit Fatimah Sari S.KH dan Zakia Sheila Faradilla. S.KH, Kepala Resort CA/TWA Sibolangit Samuel Siahaan, SP, Polsek Pancur Batu EH Manik dan J.Ginting, Babinsa Sibolangit Dadang dan Aparat Pemerintah Kecamatan Pancur Batu, Sembiring, Kepala Dusun 1,  Desa Pertampilan Jandareas Tarigan, Kepala Dusun 1 Desa Rambung Baru Topan Barus dan Aparat Desa Bingkawan Kecamatan Sibolangit Alexsa Gurusinga, Rustam Sembiring dan Salim Ketaren.

Tim Sosialisasi menginformasikan tentang Corona Virus, kepada 10 orang penjual Kalong. Selain itu juga  dilakukan demo cuci tangan, desinfeksi setiap kandang, pemberian sabun cuci tangan, sarung tangan serta brosur tentang Corona Virus.

Diharapkan setelah adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan sehingga dapat mencegah penularan Virus Corona dengan pendekatan One Health, Kesehatan Manusia, Hewan dan Lingkungan. 

Sumber : Samuel Siahaan, SP - PEH Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Corona 1
Sosialisasi oleh tim gabungan di lokasi penjualan kalong

 

Corona 2
Tim melakukan desinfeksi kandang kalong