Image
Beranda
Follow US:

“Sampah Kita Tanggung Jawab Kita”, TN MerBeti Ajak Generasi Muda Peduli Sampah

“Sampah Kita Tanggung Jawab Kita”, TN MerBeti Ajak Generasi Muda Peduli Sampah

Jember 10 Maret 2020, Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari merupakan momentum bagi masyarakat luas untuk meningkatkan kepedulian terhadap pengelolaan masalah sampah. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) pada kesempatan ini mengajak masyarakat luas khususnya yang berada di sekitar kawasan TN MerBeti untuk turut serta dalam membangun kesadaran dan memelihara momentum HPSN ini dengan kegiatan bersih sampah dan penanaman pohon.

Kegiatan HPSN 2020 di TN MerBeti dipusatkan di SDN Pace 01, yang merupakan salah satu wilayah Desa Penyangga Kawasan TN MerBeti. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru, Resort Baban, Kepala sekolah SDN Pace 01 beserta guru dan pengajar, dan pembina saka wana bhakti TN MerBetiri. Kegiatan ini diawali dengan pembersihan di sekitar lingkungan sekolah SDN Pace 01 oleh 297 orang siswa SD dan Petugas TN MerBeti, Sebelum memulai pembersihan, murid-murid  SD diberikan pemahaman dan sosialisasi tentang pentingnya kesadaran menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan khususnya dari sampah plastik. Selain itu, mereka juga diberikan pemahaman pentingnya keberadaan kawasan TN MerBeti bagi sumber kehidupan masyarakat, khususnya yang berbatasan langsung dengan kawasan seperti di wilayah Desa Mulyorejo.

Sampah yang terkumpul sebanyak 214 kg yang terdiri daru 117 kg sampah organik dan 97 sampah anorganik. Selanjutnya sampah organik yang dikumpulkan akan ditimbun dibawah tegakan karet depan sekolah. Sedangkan sampah anorganik ditaruh di penampungan sampah Pakusari. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian door prize berupa souvenir dan buku dari Balai TN MerBeti untuk peserta kegiatan peringatan HPSN 2020 di SDN Pace 01. Pada kesempatan tersebut Kepala SPTN wilayah III Kalibaru, Bapak Sulistrianto S,Si, M.Si yang mewakili Kepala Balai TN MerBeti menyampaikan pesan kepada seluruh peserta agar membangun kepedulian terhadap masalah sampah yang sebaiknya dimulai sejak dini kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa melalui dunia pendidikan/edukasi.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri