Image
Beranda
Follow US:

Rangkaian HPSN 2020, Taman Nasional Bunaken Laksanakan Bersih Pantai di Liang dan Poopoh

Rangkaian HPSN 2020, Taman Nasional Bunaken Laksanakan Bersih Pantai di Liang dan Poopoh

Manado, 10 Maret 2020. Aksi bersihkan laut dan pesisir dari sampah yang dilaksanakan hari ini selasa 10 maret 2020 sebagai rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang mengambil lokasi di Pantai Liang Pulau Bunaken dan Pantai Tanjung Kelapa Poopoh.

Pantai Liang Pulau Bunaken, menjadi gerbang utama masuk ke kawasan Taman Nasional Bunaken, dalam acara kegiatan bersih pantai dan laut yang digelar merupakan gabungan dari tim patroli SMART Resort Bunaken, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I dengan Kecamatan Bunaken Kepulauan. Sampah yang terkumpul selanjutnya diangkut ke daratan oleh perahu dari Kecamatan Bunaken Kepulauan.

Tercatat selama bulan Januari 2020 di Pulau Bunaken telah terkumpul sebanyak 1,02 ton dan pada bulan Februari menurun menjadi 0,46 ton. Dengan aksi yang melibatkan para pihak dan terus menerus dilakukan diharapkan akan dapat mengurangi sampah yang masuk ke Bunaken.

Adapun bersih pantai di SPTN Wilayah II dengan melibatkan kelompok nelayan Cahaya Trans, MMP, dan masyarakat sekitar di Desa Poopoh. Dalam kegiatan kali ini sebanyak 50 kg sampah yang didominasi plastik dan botol telah terkumpul.

Hendrieks Rundengan menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini mengharapkan agar pelaksanaan kegiatannya terus berkesinambungan untuk dapat memberikan hasil yang terbaik dan maksimal dalam mengedukasi permasalahan sampah di wilayah pesisir.

Kami mencoba memilah dan mengumpulkan sampah-sampah plastik ini, untuk dijadikan bahan pembuatan paving blok tutup Hendrieks.

Sumber: Balai Taman Nasional Bunaken