Image
Beranda
Follow US:

BBKSDA Riau Tindaklanjuti Laporan Konflik Beruang Madu di Desa Balai Raja

BBKSDA Riau Tindaklanjuti Laporan Konflik Beruang Madu di Desa Balai Raja

Pekanbaru, 31 Desember 2020 – Petugas Resort Duri, Balai Besar KSDA Riau, pada Selasa, 29 Desember 2020 menindaklanjuti laporan warga yang ternaknya diduga dimangsa satwa liar Beruang Madu (Helarctos malayanus) di jalan Bengkalis, Desa Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Petugas melakukan pengecekan ke lokasi kandang kambing yang di mangsa milik pak Triadi dan menemukan tanda bekas cakaran kuku di kandang kambing dan pohon dekat kandang kambing tersebut. Selain itu, petugas juga menemukan tanda kotoran satwa, sisa makanan berupa buah dan sisa bagian tubuh kambing yang di mangsa. Berdasarkan identifikasi petugas terhadap bentuk cakar, sisa buah yang dimakan dan kotoran, diperkirakan satwa liar yang dimaksud yaitu Beruang Madu (Helarctos malayanus).

Petugas menyampaikan kepada warga dan pemilik ternak agar waspada dan berhati hati dalam beraktifitas dan segera melaporkan kembali apabila ditemui adanya tanda kemunculan Beruang untuk dilakukan tindakan lebih lanjut dengan melakukan pemasangan kandang jebakan agar satwa dapat dievakuasi ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk agar tidak menimbulkan konflik dengan warga.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau