Image
Beranda
Follow US:

Respon Cepat Resort Siak Terhadap Informasi Kemunculan Jejak Harimau Sumatera

Respon Cepat Resort Siak Terhadap Informasi Kemunculan Jejak Harimau Sumatera

Pekanbaru, 31 Desember 2020 – Pada Kamis, 31 Desember 2020, ditengah libur tahun baru, Petugas Resort Siak, Balai Besar KSDA Riau, tetap harus turun ke lokasi untuk menanggapi laporan masyarakat di Kampung Teluk Rimba, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak. Petugas Resort Siak harus turun ke lokasi areal perkebunan Kelapa Sawit dan Karet warga terkait adanya kemunculan satwa Harimau Sumatera di wilayah desanya.

Tim segera diturunkan dan melakukan koordinasi dengan aparat Kampung Teluk Rimba mengenai adanya laporan masyarakat yang melihat satwa tersebut melintas di kebun kelapa sawitnya.

Segera Tim melakukan pengecekan di lokasi tersebut dan lokasi yang diindikasi sebagai arah pelintasan satwa. Namun, di kedua lokasi dimaksud Tim tidak menemukan jejak satwa Harimau Sumatera dan tanda- tanda kemunculannya. Tim hanya menemukan banyaknya ternak sapi yang digembala di tempat tersebut, sehingga Tim tidak mendapatkan lokasi yang tepat untuk pemasangan camera trap.

Akhirnya, Tim memutuskan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar waspada dan memasang spanduk tips menghidari satwa Harimau Sumatera. Tim berpesan kepada masyarakat agar saling memberikan informasi dan segera melapor kepada Balai Besar KSDA Riau, khususnya Resort Siak apabila ada perjumpaan dengan satwa tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau