Image
Beranda
Follow US:

Kolaborasi Menghijaukan Bukit Janda Di Taman Wisata Alam Muka Kuning

Kolaborasi Menghijaukan Bukit Janda Di Taman Wisata Alam Muka Kuning

Batam, 3 Oktober 2020 – Bukit Janda merupakan nama suatu lokasi yang berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning dan termasuk ke dalam wilayah kerja Seksi Konservasi Wilayah II, Batam Balai Besar KSDA Riau. Areal ini mengalami kebakaran pada tahun 2015.

Pada lokasi ini terdapat program penanaman yang merupakan salah satu bagian kerjasama antara Balai Besar KSDA Riau dengan PLN Batam. Kegiatan penanaman melibatkan masyarakat Tembesi Bengkel yang berada di sekitar kawasan. Kegiatan dilakukan pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 sekaligus untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Harapan penanaman ini adalah agar masyarakat turut serta merawat pohon. Jumlah pohon yang ditanam dalam kegiatan ini sebanyak 500 batang, dengan jenis Pulai (Alstonia scholaris), Meranti (Shorea sp.), Salam (Syzigium polyanthum), Durian (Durio zibethinus), dan Petai (Parkia speciosa).

"Pohon ini akan tumbuh dengan baik, menjadi tanaman yang sakti, dan akan melindungi alam dan hutan, dengan hijau kembalinya hutan Bukit Janda TWA Muka Kuning ini, harapannya hutan tetap lestari serta memberikan manfaat ekonomi" ungkap kepala Resort Muka Kuning-Pulau Rempang, Yon Romby. #karenakonservasitakmungkinsendiri

Sumber : Balai Besar KSDA Riau