Image
Beranda
Follow US:

Bersama Selamatkan Maleo

Bersama Selamatkan Maleo

Kendari, 3 Oktober 2020. Indonesia merupakan negara mega biodiversity, tempat hidup aneka spesies hewan dan tumbuhan yang sangat beraneka ragam spesies dan khas ekosistem.
Salah satu keragaman spesies hewan khas ekosistem Wallacea adalah burung maleo (Macrocephalon Maleo) sejenis burung gosong berurukuran sedang dengan panjang sekitar 55 cm dan merupakan satu satunya burung  di dalam genus tunggal Macrocephalon, yang unik dari maleo adalah saat baru menetas anak burung maleo sudah bisa terbang.
 
Burung maleo merupakan burung endemik Sulawesi. Habitat burung ini terdapat di beberapa tempat di Pulau Sulawesi. Diantaranya adalah Kepulauan Muna, Buton di Suaka Margasatwa (SM) Buton Utara, Konawe Utara Mandiodo, dan SM Tanjung Peropa, SM Tanjung Batikolo (Konawe Selatan). Tempat perkembangbiakannya berada di pinggir pantai berpasir tebal dan sebagian pegunungannya yang berbukit dan berlereng lereng dengan ditumbuhi pepohonan yang tidak terlalu lebat.
 
Pada saat ini kondisi habitat burung maleo telah banyak yang rusak, menyusutnya perkembangbiakan burung maleo hal ini dikarenakan habitat maleo diwilayah itu telah di alihfungsikan menjadi kawasan perkebunan dan pemukiman sehingga membuat burung tersebut terusik dan mencari tempat yang lebih aman, selain itu telur burung maleo banyak diburu masyarakat sehingga menghambat perkembangbiakan dari burung Maleo.
 
Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tenggara