Image
Beranda
Follow US:

Penanganan Konflik Gajah Sumatera Di Desa Petani

Penanganan Konflik Gajah Sumatera Di Desa Petani

Pekanbaru, 5 Oktober 2020 – Petugas Resort Duri Balai Besar KSDA Riau pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 menerima laporan masyarakat terkait konflik Gajah Sumatera di Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Petugas langsung menindaklanjuti laporan tersebut dan berkoordinasi dengan Ibu Sum sebagai pelapor di lokasi kejadian konflik. Berdasarkan informasi Bu Sum, diketahui bahwa 1 (satu) individu Gajah Sumatera sudah 4 (empat) hari berada di sekitar kebunnya.

Masih pada Kamis, 1 Oktober 2020 sekira pukul 01.00 WIB, dinding rumah Bu Sum dirusak dan pakan bebek berupa pelet serta perlengkapan dapur habis dimakan. Disamping itu, kolam ikan milik Bu Sum juga mengalami kerusakan serta tanaman sawit yang sudah banyak dicabut dan dimakan oleh Gajah.

Petugas Resort Duri yang datang ke lokasi, berusaha untuk memberikan ketenangan kepada Bu Sum yang mengalami kerugian materiil. Disamping itu, petugas bersama dengan masyarakat juga menyusuri areal sekitar untuk mencari tahu keberadaan gajah tersebut.

Petugas memberikan mercon kepada masyarakat untuk mengusir gajah bila telah mendekati permukiman. Petugas juga menyarankan agar masyarakat membuat api unggun disekitar pemukiman warga pada malam hari. #karenakonservasitakmungkinsendiri

Sumber : Balai Besar KSDA Riau