Image
Beranda
Follow US:

Penanganan Konflik Beruang Madu Di Desa Dayun

Penanganan Konflik Beruang Madu Di Desa Dayun

Pekanbaru, 5 Oktober 2020 – Sejak adanya laporan masyarakat tentang satwa Beruang Madu yang muncul di pemukiman penduduk di Desa Dayun, Kec. Dayun, Kab. Siak, Petugas Resort Siak Balai Besar KSDA Riau turun ke lokasi kejadian untuk melakukan survey serta penelusuran jejak satwa. Namun sayang, hujan turun dengan lebat, menghapus jejak satwa.

Petugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa Beruang Madu merupakan salah satu satwa yang dilindungi dan menghimbau kepada masyarakat sekitar agar waspada dan berhati hati dalam melakukan aktifitas di luar rumah serta segera melaporkan ke petugas Balai Besar KSDA Riau bila melihat satwa tersebut.

Memperhatikan kondisi keresahan di tingkat masyarakat, Petugas Resort Siak memutuskan untuk mengevakuasi satwa tersebut ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk untuk menghindari terjadinya konflik antara manusia dan Satwa liar.

Selanjutnya pada hari Minggu, 4 Oktober 2020, Petugas Resort Siak dibantu masyarakat, melakukan pemasangan kandang perangkap di jalur kemunculan satwa terakhir. #karenakonservasitakmungkinsendiri

Sumber : Balai Besar KSDA Riau