Image
Beranda
Follow US:

Penandatanganan MoU, Wujud Sinergi Program Antar Kementerian

Penandatanganan MoU, Wujud Sinergi Program Antar Kementerian

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kemenkominfo) menjalin kerja sama dalam rangka sinergitas program bidang LHK dan Kominfo yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) di Jakarta, Jumat (24/4). MoU antara Menteri LHK dengan Menteri Kominfo merupakan bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan sinergitas antara dua kementerian dalam penyelenggaraan pelayanan birokrasi pemerintah yang lebih baik, sebagaimana dimandatkan oleh Presiden RI.

Penandatanganan MoU ini merupakan perpanjangan dari MoU antara Menteri LHK dan Menteri Kominfo yang telah ditandatangani pada 25 April 2015 dan berakhir pada 25 April 2020 tentang “Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informatika Dalam Penyebaran Informasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan”. Kerja sama dalam payung MoU tersebut telah dievaluasi dan berjalan dengan baik, serta memberi manfaat bagi para pihak, salah satunya adalah terkait dukungan akses informasi dan komunikasi dalam rangka Early Warning System (EWS) kebakaran hutan dan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, para pihak bersepakat untuk memperpanjang MoU yang dengan memperluas ruang lingkupnya, dalam hal ini tidak parsial dalam penyebaran informasi kebakaran hutan dan lahan saja, melainkan bentuk kerja sama lainnya sesuai tugas dan fungsi para pihak.

Kepala Biro Perencanaan KLHK, Ayu Dewi Utari menyampaikan bahwa MoU ini merupakan upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang ada, dan mensinergikan fungsi aparat yang didasarkan asas saling membantu dan saling mendukung yang telah dituangkan ke dalam 7 (tujuh) poin ruang lingkup.
Sumber: Humas KLHK