Image
Beranda
Follow US:

Potensi Pasar Kemenyan Sumut Capai 2,08 Triliun, Petani Belum Nikmati

Potensi Pasar Kemenyan Sumut Capai 2,08 Triliun, Petani Belum Nikmati

Doloksanggul, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 4 Februari 2020. Data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 menyebutkan tahun 2018 luas tanaman kemenyan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) adalah 23.068 hektare dengan produksi getah sebanyak 8.332 ton. Potensi pasar yang dapat diraih dengan produksi tersebut mencapai Rp. 2,08 Triliun per tahun.

”Bayangkan, jika rata-rata harga kemenyan di lokal saja Rp. 250.000/kg, dengan produksi getah 8.332 ton, maka nilai perdagangan Kemenyan yang diraih bisa mencapai Rp. 2,08 Triliun per tahun, ini nilai yang sangat besar yang sangat ekonomis” ungkap Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, Pratiara, ketika menjadi narasumber (pemantik diskusi) dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan topik “Potensi dan Kondisi Komoditas Ekspor Unggulan Kawasan Danau Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumatera Utara”.
Sumber: Humas KLHK
Berita selengkapnya disini



Potensi Pasar Kemenyan Sumut Capai 2,08 Triliun, Petani Belum NikmatiPotensi Pasar Kemenyan Sumut Capai 2,08 Triliun, Petani Belum NikmatiPotensi Pasar Kemenyan Sumut Capai 2,08 Triliun, Petani Belum NikmatiPotensi Pasar Kemenyan Sumut Capai 2,08 Triliun, Petani Belum NikmatiPotensi Pasar Kemenyan Sumut Capai 2,08 Triliun, Petani Belum Nikmati