Image
Beranda
Follow US:

Mengisi Libur Kuliah Dengan Belajar Pemulihan Ekosistem di SM Paliyan

Mengisi Libur Kuliah Dengan Belajar Pemulihan Ekosistem di SM Paliyan

Yogyakarta 16 Januari 2020, Liburan kuliah menjadi waktu yang menarik bagi mahasiswa untuk mempelajari hal lain di luar aktivitas kampus. Sebanyak 36 peserta terdiri dari 15 mahasiswa asing dan 21 mahasiswa Indonesia mengikuti program “I Care For Animal Project”, project untuk meningkatkan kepedulian dan edukasi kepada para pemuda terhadap kehidupan tumbuhan dan satwa liar. Di samping pembelajaran menjadi animal keeper di SFF Bunder, para peserta juga diajak belajar mengenai pemulihan ekosistem di SM Paliyan (Selasa, 14/01/2020).

Kegiatan pembelajaran pemulihan ekosistem di SM Paliyan diawali dengan pembukaan dan pengisian materi tentang SM Paliyan oleh Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Muhammad Wahyudi. Dalam sambutannya Muhammad Wahyudi menyampaikan apresiasinya “Saya mengapresiasi kegiatan ini, saat sebagian mahasiswa lainnya sibuk dengan gadgetnya, ternyata masih ada sebagian generasi muda hebat yang bersemangat mengisi waktu dengan hal positif untuk mengenal ilmu baru tentang konservasi”. Dalam kesempatan ini, M. Wahyudi juga menjelaskan kepada para peserta tentang proses rehabilitasi kawasan yang dilakukan bersama Mitsui Sumitomo Insurance dari tahun 2004 hingga saat ini.

Acara inti pembelajaran ekosistem di SM Paliyan diisi dengan praktek peserta sebagai volunteer tenaga tanam. Praktek volunteer dilakukan dengan belajar menanam jenis-jenis tanaman seperti Bulu (Ficus elasticus), Pulai (Alstonia scholaris), Ipik (Ficus superba) dan tanaman asli karst lainnya. Teriknya matahari tidak menyurutkan semangat para peserta yang cukup menikmati rangkaian kegiatan di SM Paliyan.

Sumber : Dyahning (PEH Balai KSDA Yogyakarta)