Image
Beranda
Follow US:

Solidaritas Persaudaraan Rimbawan Untuk Bumi Dan Manusia

Solidaritas Persaudaraan Rimbawan Untuk Bumi Dan Manusia

Makassar, 2 Desember 2019 - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan selaku UPT Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem yang berada di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama para Rimbawan UPT KLHK Sulawesi Selatan melakukan aksi solidaritas cinta bumi dengan tema “Membangun Solidaritas Persaudaraan Rimbawan Untuk Bumi Dan Manusia”. pada  Minggu 1 Desember 2019 bertempat di Car Free Day  Anjungan Pantai Losari.

Namun ada yang berbeda dari kampanye-kampanye rimbawan UPT KLHK Sulsel sebelumnya, kali ini bersama Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Baddoka Sulawesi Selatan bersama-sama mengampanyekan tentang pentingnya pelestarian Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) dan kampanye anti narkoba.

Ditemui di lokasi kampanye dan sosialisasi Kepala Balai Besar KSDA Ir.Thomas Nifinluri, M.Sc mengatakan “Aksi ini dibuat dalam bentuk “street campaign” dalam rangka membangun solidaritas rimbawan untuk bumi dan manusia. “Kami mengkampanyekan tentang pentingnya pelestarian Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL), kampanye anti narkoba, pilah sampah dan lainnya dalam upaya mengedukasi masyarakat”. Terang Thomas.

“Selain itu, ada pula kampanye perubahan iklim, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah serta pembagian bibit gratis. Peserta yang terlibat tidak hanya para rimbawan, tetapi juga pengunjung Pantai Losari”. Tambah Thomas setelah melakukan senam Zumba bersama para pengunjung Pantai.

Kepala Balai Rehabilitasi BNN Baddoka Sulawesi Selatan, dr.Iman Firmansyah dalam kampanye penyuluhan narkoba mengatakan “Kami meminta agar siapa saja yang terpapar Narkoba dan membutuhkan pemulihan agar menghubungi kami. Tidak boleh lagi ada keraguan untuk sembuh dari kecanduan narkoba, kami siap merehabilitasi dan ini gratis”. Jelas dr. Iman yang disambut antusias para pengunjung Pantai Losari.

Selain kampanye dan sosialiasi terkait lingkungan hidup dan narkoba giat lain dari acara ini adalah Donor darah, kuis dan lomba aksi pilah sampah dengan hadiah menarik dari BNN berupa souvenir buatan client BNN dan BBKSDA Sulsel berupa madu kepada para pengunjung.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) giat solidaritas rimbawan ini berhasil menarik antusia pengunjung untuk mendonorkan darahnya. Sebanyak 33 orang mendaftar untuk mendonor namun setelah pemeriksaan kesehatan hanya 26 orang yang lolos mendonorkan darahnya.

Untuk aksi pilah sampah yang dikomandoi Ellyana Said Kabag TU BBKSDA Sulsel berhasil mengumpulkan sebanyak 15 kantong sampah nabati atau kantong sampah yang dapat terurai ukuran besar dan pemenang pertama dari lomba aksi pilah sampah ini berasal dari Rimbawan UNHAS lalu pemenang kedua dan ketiga dari pengunjung Pantai Losari.

Kepala Balai Besar BBKSDA Sulsel selaku motor dari kegiatan ini menyampaikan terimakasih dan atas kerjsama-nya kepada para pihak, BNN Baddokka, PPI, BPTH, TN Bantimurung Bulusaraung, seluruh perwakilan UPT KLHK, Mahasiswa Fahutan UNHAS Pembina Pramuka Saka Wanabakti Makassar Camp Kids dan Mitra Media Klik Hijau, Fajar dan masyarakat kota makassar serta semua pihak khususnya Walikota Makassar Camat dan KADISPAR Makassar.

Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Berita lainnya klik disini