Image
Beranda
Follow US:

Tujuh Belas Orangutan Kembali ke Habitatnya di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Tujuh Belas Orangutan Kembali ke Habitatnya di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, 19 November 2019. Tujuh belas orangutan, yang kesemuanya telah menuntaskan proses rehabilitasi panjang di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng akan dilepasliarkan ke habitat alaminya di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Pelepasliaran ini adalah hasil kerja sama antara Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), USAID LESTARI, dan Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival Foundation). Pelepasliaran ketujuh belas orangutan ini menambah populasi orangutan hasil pelepasliaran di wilayah taman nasional tersebut menjadi 152 individu. Ini merupakan pelepasliaran orangutan yang ke-18 kalinya ke TNBBBR, Kabupaten Katingan sejak pelepasliaran pertama di taman nasional itu bulan Agustus 2016 lalu.

Sebagai tambahan dari pelepasliaran yang melibatkan orangutan hasil rehabilitasi ini, satu orangutan jantan dewasa juga akan ditranslokasi. Jantan berusia 20 tahun ini diselamatkan 2 bulan lalu dari sebuah perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Berkat sifat liar dan keterampilan alami yang masih dimilikinya, orangutan ini tidak membutuhkan proses rehabilitasi dan dipindahkan ke hutan yang aman di TNBBBR.

Agung Nugroho, S.Si., M.A., Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) Wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat, menambahkan, “Berdasarkan survei yang dilaksanakan sebelum pelepasliaran, Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya memiliki semua potensi yang dibutuhkan untuk menunjang populasi orangutan secara berkelanjutan, ditambah adanya aspek keamanan dan pengelolaan yang baik. Pelepasliaran orangutan hasil rehabilitasi untuk hidup liar di TNBBBR adalah langkah positif untuk memastikan kelestarian orangutan kalimantan yang saat ini berstatus konservasi ‘sangat terancam punah’.

“Di wilayah TNBBBR, kegiatan patroli dan pengamanan wilayah dilakukan secara rutin. Kami berharap dengan tindakan pengamanan ini, para orangutan yang dilepasliarkan hidup aman dan membentuk populasi orangutan liar yang mandiri dan lestari" tutup Agung.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Berita lainnya klik disini