Image
Beranda
Follow US:

Sultan Tidore Terima Apresiasi Menteri LHK di Hari Konservasi Alam Nasional 2019

Sultan Tidore Terima Apresiasi Menteri LHK di Hari Konservasi Alam Nasional 2019

Sofifi, 10 Agustus 2019. Puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus telah selesai dilaksanakan di Batam beberapa hari yang lalu. Pada acara tersebut terkumpul para kader-kader konservasi dan penggiat lingkungan seluruh nusantara serta menampilkan pameran Taman Nasional. Selain kegiatan tersebut, terdapat juga talkshow-talkshow tentang kegiatan-kegiatan yang mendukung kelestarian lingkungan serta pemberian apresiasi kepada tokoh-tokoh yang  berperan dalam konservasi.

Apresiasi tersebut diberikan kepada 14 tokoh penggiat lingkungan dan konservasi   yang tentu saja dengan seleksi yang ketat dari peserta seluruh Indonesia. Salah satu tokoh penerima apresiasi adalah H. Husain Alting Sjah, SE., MM, Sultan Tidore ke-37. Sultan Tidore menerima apresiasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kategori Mitra KSDAE dalam Penguatan KSA dan KPA Unsur Kesultanan yang diusulkan oleh Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL).

Tak dipungkiri unsur adat kesultanan sangat berperan penting dalam pengelolaan kawaan TNAL, karena kawasan TNAL berada pada wilayah adat kesultanan Tidore.

“Dalam 10 Cara Baru Kelola Kawasan Konservasi, kita harus melibatkan seluruh golongan masyarakat, termasuk adat Kesultanan Tidore”, kata Wahyudi, Kepala Balai TNAL (sekarang Kepala Balai BKSDA Yogyakarta).

Sultan Tidore menyambut baik apresiasi tersebut, beliau menulis dalam laman media sosial Facebook bahwa, “Pagi ini saya mendapat kehormatan di undang oleh Menteri LHK, Ibu Siti Nurbaya untuk menerima penghargaan sebagai Mitra KSDAE dan menghadiri peringatan HKAN di Batam”.

Beliau juga berpesan agar semua dapat menjaga dan merawat ala mini agar generasi penerus dapat tetap menikmatinya.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Foto : Facebook Sultan Tidore

Berita lainnya klik disini