Image

KLHK Memperoleh 2 Sertifikat Laboratorium

KLHK Memperoleh 2 Sertifikat Laboratorium

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 24 April 2019. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) KLHK memperoleh dua sertifikat akreditasi untuk laboratorium dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), yaitu Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi. Sertifikat tersebut diserahkan Direktur Akreditasi Laboratorium KAN Fajarina kepada Kepala P3KLL Herman Hermawan dalam acara Customer Gathering P3KLL yang digelar di Kantor P3KLL, Serpong, Rabu (24/04/2019). 

Artinya dengan diperoleh dua sertifikat ini dipastikan kompetensi laboratorium P3KLL baik peralatan, personil maupun kondisi akomodasi dan metode pengujiannya sudah terakreditasi dan lebih valid. Untuk sertifikat akreditasi laboratorium pengujian, P3KLL telah menerima sertifikat akreditasi yang ke-5, dengan parameter terakreditasi 341. Sementara sertifikat akreditasi laboratorium kalibrasi merupakan sertifikat ke-2, dimana untuk pertama kali P3KLL telah mendapatkan pada tahun 2014.

Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK Silvana Ratina yang hadir mewakili Kepala BLI menyatakan Peranan P3KLL sangat penting, karena merupakan laboratorium lingkungan rujukan nasional yang berperan dalam penanganan kasus pencemaran lingkungan hidup dan penegakan hukum, khususnya dalam penyediaan data valid dan terpercaya. 
Sumber: Humas KLHK