Image

Regional Capacity Center For Clean Seas Segera Dibangun Di Indonesia

Regional Capacity Center For Clean Seas Segera Dibangun Di Indonesia

Jakarta, 8 April 2019. Indonesia akan segera membangun Regional Capacity Center for Clean Seas (RC3S) sebagai realisasi dari Bali Declaration yang diadopsi pada The 4th Intergovernmental Review Meeting 2018 lalu. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, yang membuka The Coordinating Body on the Seas of East Asia (COBSEA) Consultation Meeting on the RC3S di Jakarta. Pertemuan yang dihadiri oleh Negara-negara anggota COBSEA (Indonesia, Singapura, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, Korea Selatan, dan Tiongkok) dan perwakilan dari UN Environment ini bertujuan untuk bertukar pandangan mengenai poin-poin relevan dalam merumuskan kerangka acuan pembentukan RC3S.

Siti Nurbaya terus menekankan kepada semua pihak untuk bekerjasama dan berkontribusi dalam menjalankan komitmen melawan pencemaran dan kerusakan laut akibat aktifitas dari daratan yang menghasilkan nutrien, air limbah, dan sampah, seperti yang tercantum dalam Bali Declaration. “Kita membutuhkan kapasitas yang mumpuni baik secara teknis, organisasi, maupun politik. Hal ini mengingat besarnya pengaruh kerusakan lingkungan dari ekosistem pesisir dan lautan, baik dari aspek ekonomi, ekologi, dan sosial,” ungkap Siti Nurbaya.

Sementara itu Koordinator COBSEA, Jerker Tamelander, berharap Consultation Meeting kali ini dapat membantu Indonesia dalam membangun RC3S seperti yang menjadi komitmen Indonesia yaitu dengan kelengkapan sumber daya yang signifikan seperti ruang perkantoran, jumlah staf teknis yang cukup, serta dukungan pendanaan yang jelas. "Saya harap hasil pertemuan ini menjadi masukan bagi Indonesia dalam pembentukan RC3S dan menjadi langkah strategis untuk pertemuan berikutnya di Bali pada Juni nanti," ujar Tamelander.

Berbagai materi dibahas dalam pertemuan yang berlangsung selama 2 hari ini. Mulai dari pelajaran dan contoh dari organisasi serupa di kawasan lain, tujuan dan fungsi dari pembentukan RC3S, struktur organisasi, pendanaan, hingga langkah-langkah berikutnya. Diharapkan pertemuan ini dapat meningkatkan kerjasama antar anggota COBSEA dan merealisasikan RC3S sebagai salah satu bagian dalam COBSEA Roadmap Action Plan for Marine Litter 2019. RC3S sendiri rencananya akan diluncurkan pada 21 Juni 2019, sehari setelah berlangsungnya kegiatan COBSEA 24th Intergovernmental Meeting di Bali 19-20 Juni 2019.

Sumber: Ditjen PPKL
Informasi lainnya klik disini