Manggala Agni Lakukan Aksi Peduli Gempa Palu Dan Donggala

admin 08:25:08 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 2 Oktober 2018. Di tengah kesiapsiagaan dalam mengemban tugasnya dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK – Manggala Agni melakukan aksi peduli atas bencana gempa bumi dan tsunami yang menimpa wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/09).

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyampaikan ucapan prihatin atas musibah gempa yang terjadi di Palu dan Donggala. Manggala Agni wilayah Sulawesi sudah bergerak ke lokasi gempa untuk memberikan bantuan, baik berupa bahan makanan, pakaian, atau bantuan tenaga lainnya yang bisa dilakukan di lokasi bencana.
 
“Kami segenap Manggala Agni seluruh Indonesia mengucapkan turut berduka yang sedalam-dalamnya atas musibah gempa yang terjadi di Palu dan Donggala. Manggala Agni akan membantu sebisa mungkin untuk membantu meringankan beban korban gempa”, tandas Raffles. 
 
Aksi Peduli ini diawali oleh Manggala Agni Daops wilayah Sulawesi. Manggala agni Daops Gowa dan Daops Malili, Sulawesi Selatan mengerahkan bantuan ke lokasi bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala secara langsung. Tim berangkat ke lokasi sejak Sabtu (29/09) kemarin dengan menggunakan transportasi darat. Banyak rintangan dan kendala untuk sampai ke tujuan, namun akhirnya tim berhasil sampai di lokasi. Bantuan yang mereka bawa berupa baju layak pakai dan bahan sembako. 
 
Sementara Manggala Agni Daops Tinanggea, Sulawesi Tenggara bergabung dalam posko gabungan yang terdiri dari Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara dan UPT KLHK lainnya. Manggala Agni yang menjadi bagian dari posko “Rimbawan Sulawesi Tenggara” melakukan berbagai aksi untuk mengumpulkan donasi. Selain itu secara khusus, Manggala Agni Daops Tinanggea juga menggelar Gerakan Peduli Gempa Tsunami Palu dan Donggala yang dimulai pada Minggu (30/09). Aksi mereka mengumpulkan bahan makanan dan pakaian layak pakai yang akan disalurkan ke lokasi bencana. 
 
Bantuan berupa kebutuhan bayi, anak-anak, wanita, bahan makanan pokok, air mineral, selimut, dan pakaian layak pakai berhasil terkumpul. Bantuan dikirimkan melalui kerjasama dengan Bandara Haluoleo menggunakan pesawat Hercules. 
 
Aksi peduli juga dilakukan oleh Manggala Agni Daops Pontianak, Kalimantan Barat. Mereka melakukan aksi Penggalangan Dana Peduli Korban Gempa dan Tsunami Palu - Donggala Sulawesi Tengah di Desa Rasau Jaya Umum, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya (01/10/2018). Dana yang terkumpul ini akan disalurkan kepada masyarakat Palu dan Donggala yang membutuhkan. 
 
Kepedulian kepada sesama dapat diwujudkan melalui berbagai aksi. Manggala Agni selain bertugas menjaga lingkungan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan, juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap nilai-nilai kemanusian, terutama kepada masyarakat yang tertimpa bencana.(*)
 
Penanggung jawab berita: 
Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK, 
Djati Witjaksono Hadi – 081977933330
 
Informasi lainnya klik disini

Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video