Antisipasi Karhutla, Klhk Luncurkan Patroli Terpadu Di Kalteng

admin 13:36:05 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 17 April 2018. KLHK kembali meluncurkan (launching) kegiatan Patroli Terpadu Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah-wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kali ini patroli terpadu dilaksanakan di provinsi Kalimantan Tengah. Patroli terpadu ini merupakan langkah antisipasif yang dilaksanakan KLHK bersama parapihak dalam menindaklanjuti dinamika kondisi di lapangan yang sudah menunjukkan peningkatan hotspot sebagaimana dengan prediksi awal musim kemarau 2018 di Provinsi Kalimantan Tengah. 

Dalam arahan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, yang dibacakan oleh Kepala Sub Direktorat Pencegahan Karhutla, Sunarno, menyampaikan bahwa kegiatan Patroli Terpadu ini merupakan bentuk mengedepankan upaya pencegahan di lapangan. Manggala Agni bersama-sama dengan TNI, POLRI, pemerintah daerah, dan masyarakat desa lakukan patroli ke desa-desa rawan karhutla. 

“Patroli terpadu pencegahan karhutla merupakan langkah antisipasif dan wujud nyata sinergi parapihak ditingkat tapak”, tambah Sunarno. 
Dalam acara launching tersebut, Komandan Korem 102/Panju Panjang, Naudi Nurdika menyampaikan amanat bahwa patroli terpadu ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan sarana prasarana secara nyata sekaligus merupakan pertanda kesiapsiagaan personil jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan. 

“Provinsi Kalimantan Tengah yang daerahnya memiliki hutan yang lebat dan bergambut tentu sangat rawan terhadap bencana kebakaran. Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini, diperlukan kerjasama yang sinergis antara stakeholder dan elemen masyarakat lainnya”, tegas Naudi. 

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) wilayah Kalimantan menambahkan bahwa sejak awal tahun 2018, kegiatan pencegahan sudah mulai dilaksanakan oleh Manggala Agni melalui patroli rutin baik secara bersama-sama maupun kegiatan di masing-masing instansi misalnya Manggala Agni KLHK yang memang mempunyai tugas rutin untuk melaksanakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui patroli rutin dan penyuluhan ke masyarakat. 

“Upaya pemadaman bersama oleh Manggala Agni, TNI, POLRI, BPBD dan masyarakat juga sudah dilaksanakan di beberapa titik kebakaran di wilayah kerja Daops Pangkalan Bun, Muara Teweh, Kapuas dan Palangkaraya”, tambah Johny.

Launching
 patroli terpadu dilaksanakan di halaman Daops Manggala Agni Palangkaraya dan diikuti launching secara simbolis di tiga daops lainnya, yaitu Daops Kapuas, Muara Teweh, dan Pangkalan Bun, serta di Markas Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Balai Taman Nasional Sebangau. Patroli terpadu ini rencana akan dilaksanakan selama 1 bulan ke depan pada 55 posko desa dengan menjangkau minimal 165 desa rawan karhutla. 

Hadir dalam acara launching tersebut, Komandan Korem 102 Panju Panjang sebagai Inspektur Upacara, Kepala Bagian Bina Masyarakat Operasional Direktorat Shabara Polda Kalimantan Tengah, Kepala Seksi Kedaruratan BPBPK Provinsi Kalimantan Tengah, serta Kepala Sub Direktorat Pencegahan Karhutla, Direktorat Pengendalian Karhutla, KLHK. Selain itu juga hadir perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala BMKG Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala UPT lingkup KLHK Provinsi Kalimantan Tengah, Camat setempat, serta personil Manggala Agni, TNI, dan POLRI. 

Sementara pantauan Posko Pengendalian Karhutla KLHK pada Senin, 16 April 2018, pukul 20.00 WIB, berdasarkan satelit NOAA-19 terpantau dua hotspot di Lampung dan berdasarkan Satelit TERRA-AQUA (NASA) terpantau satu hotspot di Lampung juga.

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,
Djati Witjaksono Hadi – 081375633330

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video