Gunakan Aplikasi Responsif, Kini OJS JPK Wallacea Tampil Dinamis di Semua Tipe Gadget

admin 08:40:04 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

BP2LHK Makassar (Makassar, Oktober 2018)_Kini, tampilan Open Journal Systems (OJS) Jurnal Penelitian Kehutanan (JPK) Wallacea terlihat lebih dinamis dan cocok untuk semua tipe gadget, seperti desktop/laptop, smartphone, dan tablet. Hal ini karena JPK Wallacea telah menggunakan Mason Publishing OJS, aplikasi themeresponsif.

Dengan beberapa modifikasi, kelebihannya desain web terlihat menarik, memudahkan untuk mengaksesnya dengan gadget tipe apapun karena tampilannya akan menyesuaikan (tidak statik), serta memudahkan tugas semua pengguna dengan peran apapun dalam OJS. 

Sebagaimana diketahui, menjamurnya berbagai macam gadget saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola jurnal. Pengelola jurnal dituntut untuk lebih kreatif agar tampilan jurnal yang dikelolanya bisa lebih dinamis alias responsible tatkala diakses oleh berbagai macam gadget. Terlebih lagi apabila jurnal tersebut dipersiapkan untuk meraih nilai maksimal saat akreditasi dari sisi desain tampilan laman. 

Sebagai informasi, saat ini per 11 September 2018, perjalanan OJS sudah masuk pada versi 3 (3.1.1-4) yang memiliki banyak kelebihan, selain eye-catching, dan user-friendly juga responsif. Web resmi OJS menyebutkan, persyaratan sistem untuk menjalankan OJS 3.x, server web membutuhkan: PHP 5.6 or later with MySQL or PostgreSQL support; A database server: MySQL 4.1 or later OR PostgreSQL 9.1.5 or later; dan UNIX-like OS recommended (such as Linux, FreeBSD, Solaris, Mac OS X, etc.). 

Untuk migrasi dari versi 2 ke versi 3 akan membutuhkan sosialisasi baru kepada para pengguna karena perubahannya cukup siknifikan, beberapa prosedur dipangkas dalam sistem baru ini sehingga membuat sebagian orang berpikir ulang untuk melakukan upgrade. 

Lalu bagaimana caranya agar tampilan OJS jurnal tetap versi lama (versi 2) tetapi responsible. Maka, menggunakan Mason Publishing OJS theme adalah solusinya. Themes ini cukup responsif dalam menyesuaikan ukuran layar baik dari ponsel (smartphone), tablet, maupun desktop/laptop.***MM  

Silakan kunjungi rumah kami yang baru di: Web OJS www.jurnal.balithutmakassar.org

Sumber: Litbang KLHK


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video