Indonesia Perkuat Kerjasama Perubahan Iklim dengan Negara Jerman

admin 07:50:50 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Dalam rangka mendukung pencapaian target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) tingkat nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), melakukan penandatanganan kerjasama penguatan tata kelola pengendalian perubahan iklim, dalam menerapkan Perjanjian Paris Indonesia-Jerman, di Jakarta (25/9).

Penandatanganan dilakukan oleh Deputy Council Director GIZ Indonesia, Zulazmi, dan Direktur Mobilisasi Direktorat Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional, Ditjen PPI, Wahyu Marjaka, sebagai Executing Agency. Turut hadir menyaksikan penandatanganan tersebut, Direktur Jenderal PPI, Ruandha Agung Sugardiman, dan Lead Advisor Climate Governance, Phillipp Schukat, Direktur lingkup Ditjen PPI, Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri KLHK, serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK. 
 
Dengan ditandatanganinya kerjasama ini, Ruandha berharap dapat segera ditindaklanjuti dengan perencanaan aktivitas tahunan (Annual Work Plan), khususnya untuk mendukung pelaksanaan UNFCCC COP 24 mendatang.
Selain itu, Ruandha meminta agar kegiatan kerjasama juga dapat dilakukan sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku. 
 
Apresiasi juga disampaikan Zulazmi dan Phillipp Schukat kepada Pemerintah Indonesia, atas terselenggaranya kerjasama ini. Mereka juga sepakat bahwa implementasi kerjasama ini dapat dilakukan dalam waktu segera, serta pentingnya penguatan koordinasi antar dua pihak.
 
Kerjasama dalam perubahan iklim (Implementing Arrangement) ini merupakan pengaturan teknis dari Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Federal Jerman dan Pemerintah RI, mengenai Kerja Sama Teknik yang ditandatangani tanggal 22 Desember 2016.
 
Kerjasama ini dibangun dengan tujuan membantu Indonesia dalam implementasi Paris Agreement melalui implementasi Nationally Determined Contributions (NDC), melalui peningkatan peran dan fungsi dari NFP ke UNFCCC, peningkatan kapasitas di bidang manajemen kebijakan, koordinasi nasional dan sub nasional, dan keterlibatan pemangku kepentingan non-pihak, serta memperkuat komunikasi koheren pengalaman Indonesia dalam rezim iklim internasional, melalui dialog profesional dan jaringan dengan komunitas iklim internasional.
 
Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK
Djati Witjaksono Hadi-081977933330
 
Informasi lainnya klik disini

Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video