Giat Pemantauan Sampah Laut di Kota Manado

admin 14:22:32 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Manado, 6 September 2018. Permasalahan sampah menjadi hal utama di kota besar, tak terkecuali di Kota Manado, Sulawesi Utara. Kota yang dikelilingi pegunungan ini terletak di Teluk Manado dengan jumlah penduduk 430.133 jiwa (BPS, 2018). Peningkatan jumlah penduduk sekitar 3% dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, berpotensi menyumbang sampah laut yang cukup besar ke wilayah pesisir dan perairan laut, ditambah letaknya yang berada di ujung Pulau Sulawesi yang perairan lautnya berbatasan dengan negara lain sampah laut dari kapal dan luar negeri juga sangat mungkin terdampar di pantai Kota Manado. Untuk itu, Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Pesisir dan Laut, Ditjen PPKL bekerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi, Balai Taman Nasional Kepulauan Bunaken, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, melakukan pemantauan sampah laut di Kota Manado dilakukan pada tanggal 5 dan 6 September 2018 di Pantai Malalayang dan Pantai Molas.
 
Kegiatan pemantauan ini merupakan kali kedua sejak tahun 2017, dimana kegiatan pertama untuk mendapatkan baseline jumlah sampah laut di pesisir kota Manado. Pemantauan dilakukan dengan pembuatan transek dan pengumpulan sampah di lokasi. Sampah disaring berdasarkan ukuran sedang (meso) 0,5 s/d 2,5 cm dan sampah ukuran besar (makro) > 2,5 cm selanjutnya dipilah berdasarkan jenis dan ditimbang beratnya. Survey dilakukan sesuai pedoman pemantauan sampah laut yang disusun oleh KLHK mengacu pada metode yang ditetapkan United Nations Environment Programme (UNEP) dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).
 
Melalui kegiatan ini, data tren sampah laut di Kota Manado dapat menjadi panduan kebijakan nasional dan daerah dalam mengatasi permasalahan pengelolaan sampah daerah, nasional, dan lintas batas Negara terutama sampah laut. Diakhir kegiatan, peserta ikut membersihkan sampah di sepanjang pantai. Hasilnya sebanyak 14 karung beras kemasan 50 kg penuh dengan sampah botol air minum dan kemasan lainnya, sampah-sampah tersebut selanjutnya dikirim ke bank sampah Kota Manado. 
 
Sumber: Ditjen PPKL KLHK
Informasi lainnya klik disini

Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video