Optimalisasi Penggunaan Pesawat Microlight Trike

admin 14:11:13 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Kegiatan Pemantauan Kawasan Hutan menggunakan Pesawat Microlight Trike di KHDTK Hutan Pendidikan Rumpin dan Citra Foto Udara hasil pemotretan pada tanggal 23 s/d 28 Juli 2018.

Pengurusan hutan dan kawasan hutan yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia secara terencana dan berkesinambungan tidak terlepas dari ketersediaan data dan informasi geospasial hutan dan kondisi kawasan hutan. Penyediaan data dan informasi geospasial tersebut harus menjadi satu rangkaian dengan kegiatan Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan, Pengukuhan Kawasan Hutan, Pembentukan Wilayah Pengelolaan Hutan, serta Pengawasan dan Pengendalian Kawasan Hutan (surveillance).

Untuk memperoleh data dan informasi geospasial secara lengkap, akurat, dan terkini memerlukan berbagai sumber daya, salah satu diantaranya adalah pemanfaatan teknologi di bidang survei dan pemetaan. Pemilihan teknologi disesuaikan dengan tujuan penggunaan data dan informasi geospasial, yang mampu mengumpulkan, memproses dan menyajikan informasi sumber daya hutan dan kawasan hutan secara akurat, terpercaya, dengan biaya terjangkau, cepat bahkan terkini atau pada hampir waktu nyata (near real-time).

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghasilkan data dan informasi geospasial yang dapat dipertanggung jawabkan secara baik untuk mendukung pelaksanaan pengurusan hutan dan kawasan hutan secara optimal, adalah menggunakan Ultra Aerial Photograph. Optimalisasi penggunaan pesawat microlight trike yang dimiliki Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang didukung tersedianya kamera digital Canon 6D yang memiliki resolusi spasial foto 0,13 m dan Global Navigation Satellite System(GNSS) Geodetic metode Statik maupun Real Time Kinematik (RTK) dapat menghasilkan citra foto udara dengan tingkat keakurasian yang tinggi untuk pemetaan udara menjadi salah satu pilihan yang tepat. 

Pemetaan udara dengan microlight trike dipertimbangkan terutama dari aspek biaya operasional yang relatif terjangkau dan ketelitian (resolusi spasial) yang cukup tinggi bahkan setara atau lebih baik daripada citra satelit resolusi tinggi, di samping itu waktu ketersediaan data (resolusi temporal) dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna. 

Salah satu bentuk kegiatan dalam rangka upaya optimalisasi penggunaan pesawat microlight trike adalah pemotretan wilayah KHDTK Hutan Pendidikan Rumpin Bogor yang dilaksanakan pada 23-28 Juli 2018. Hasil pemotretan berupa citra foto udara sebagai hasil dari kegiatan tersebut, yang dapat digunakan untuk mendukung pemantapan kawasan hutan dan pengelolaan KHDTK tersebut.

Sumber : Subdit Jaringan Data Spasial Kehutanan, Dit. IPSDH

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video