Indonesia - Inggris Perpanjang Kerjasama Perdagangan Kayu Ramah Lingkungan dan Perhutanan Sosial

admin 08:08:16 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin 3 September 2018. Komitmen kerjasama antara Indonesia dan Inggris dalam Program Kehutanan Multi-platform atau Multi-platform Foresty Programmer (MFP) kembali diperpanjang. Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama fase ke-4 oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) KLHK Hilman Nugroho mewakili Menteri LHK dan Kepala UKs Climate Change Unit (UKCCU) Jakarta Tom Owen-Edmunds.
 
Pemerintah Indonesia - Inggris telah menyepakati bahwa kerjasama MFP fase ke-4 (MFP-4) ini diarahkan untuk mendukung salah satu program prioritas KLHK yaitu peningkatan perdagangan produk kayu ramah lingkungan dan pengembangan bisnis hutan kemasyarakatan. Durasi kerjasama diperkirakan kurang lebih selama 3 tahun dengan dukungan dana sampai dengan £ 6 juta kepada KLHK.
 
"Kerjasama Indonesia- Inggris dengan program MFP-4 akan mendukung keberlanjutan implementasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) serta membantu perbaikan tata kelola hutan melalui penguatan pengelolaan hutan di tingkat tapak yaitu di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), kerjasama ini juga diarahkan untuk membantu pengurangan kesenjangan ekonomi dan mendukung kesetaraan ekonomi melalui pelaksanaan perhutanan sosial," ujar Hilman sesaat seusai menandatangani perjanjian kerjasama di Jakarta (03/09).
 
Sebagaimana diketahui, kerjasama MFP sebelumnya yaitu fase 1-3 telah membuahkan banyak keberhasilan dalam upaya melakukan pengelolaan hutan yang berkelanjutan melalui sertifikasi dan perdagangan kayu legal.
 
"MFP fase 1-3 telah berhasil memerangi pembalakan liar melalui pembentukan sertifikasi legalitas kayu," ujar Hilman.
 
Berita selengkapnya disini
 
Sumber: Humas KLHK

Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video