Menara Pengawas Kebakaran, Bentuk Peran Serta Masyarakat Peduli Api

admin 10:00:24 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Kuningan, 8 Agustus 2018. Musim kemarau di tahun 2018, beberapa wilayah Utara Gunung Ciremai seperti wilayah Pasawahan dan Mandirancan sudah siaga satu ancaman kebakaran hutan. Daerah ini merupakan daerah yang rawan kebakaran karena sebagian besar tutupan lahannya didominasi semak belukar berbatu.

Upaya pencegahan kebakaran hutan yang dilakukan Polisi Kehutanan di TN Gunung Ciremai yaitu dengan meningkatkan pengawasan di areal rawan kebakaran. Bentuk kegiatannya berupa sosialisasi peraturan perundangan serta patroli bersama Masyarakat Peduli Api. Sinergisitas dengan masyarakat sekitar kawasan hutan menjadi hal penting dalam rangka pencegahan kebakaran hutan. Salah satu bentuk peran serta Masyarakat Peduli Api dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dengan membuat menara pengawas kebakaran.

Kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya dan inisiatif dari Masyarakat Peduli Api Desa Pasawahan. Hal ini merupakan bentuk nyata bahwa kesadaran masyarakat terhadap kawasan TN Gunung Ciremai sudah jauh meningkat dari sebelumnya dan perlu kita apresiasi dengan baik.

Keterlibatan masyarakat dalam rangka pencegahan kebakaran hutan sangat kita harapkan untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan di TN Gunung Ciremai [teks © Oman DP – BTNGC, Foto © Dadan | 082018]

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Ciremai

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video