Indonesia Akan Tambah Tiga Cagar Biosfer Baru

admin 08:29:43 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Indonesia menyodorkan tiga wilayah kepada UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB) guna mendapat pengakuan sebagai cagar biosfer baru. Ketiga wilayah tersebut adalah Berbak Sembilang (Sumatera Selatan-Jambi), Betung Kerihun Danau Sentarum (Kapuas Hulu), dan Rinjani (Lombok). Saat ini terdapat 669 cagar biosfer yang tersebar di 120 negara di dunia.
 
Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wiratno, menyampaikan bahwa dengan konsep cagar biosfer, yang berpedoman pada Seville Strategy, Madrid Declaration and Action Plan, serta Lima Action Plan. Hal ini juga sejalan dengan prinsip-prinsip pengelolaan kawasan konservasi di Indonesia dalam rangka pencapaian Aichi Biodiversity Targets serta Sustainable Development Goals.
 
“Pengelolaan Cagar Biosfer berbasis kultur, kearifan lokal, multipihak, multidisipliner, lintas sektoral dan berbasis sains, teknologi, dan inovasi, serta peran aktif para pihak, terutama pemerintah daerah, masyarakat, swasta, aktivis lingkungan, CSOs, perguruan tinggi dan lembaga penelitian diharapkan dapat mendorong kesadaran dan aksi kolektif dalam upaya pelestarian lingkungan sekaligus peningkatan kemandirian dan kesejahteran masyarakat” ujar Wiratno.
 
Berita selengkapnya disini
 
Sumber: Humas KLHK

Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video