KLHK Perkuat Sinergitas Penanganan Karhutla di Provinsi Kalbar

admin 08:20:22 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin, 23 Juli 2018. Dalam upaya mengoptimalkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dibutuhkan peran serta semua pihak termasuk pemberdayaan masyarakat. Untuk memperkuat sinergitas, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, memimpin rapat koordinasi dengan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Bupati se-Kalbar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), BMKG, TNI, Polri, Kementerian Pertanian, sampai operator helikopter, dan instansi terkait lainnya di Pontianak (23/07/2018).

Menurut Siti Nurbaya, pengendalian karhutla tahun 2018 – 2019 menghadapi beberapa tantangan yaitu prediksi kemarau yang lebih panjang dari tahun sebelumnya; bahan bakaran di lapangan terutama di lahan gambut menumpuk; lokasi kebakaran pada umumnya di daerah remote, dan sumber air yang sangat terbatas dan jauh; serta masih adanya praktek penyiapan lahan dengan membakar di masyarakat. 
 
Untuk itu, dalam penanganan Karhutla di Provinsi Kalimantan Barat yang merupakan salah satu provinsi rawan karhutla, disampaikan Siti Nurbaya, perlu memastikan fokus pengendalian karhutla pada daerah gambut dan daerah-daerah yang tinggi kejadian karhutla. Serta meningkatkan kegiatan patroli, dan upaya pemadaman dini, dan sosialisasi serta kampanye pencegahan karhutla kepada masyarakat desa terutama di kabupaten yang jumlah hotspot dan kejadian karhutla tinggi.
 
Berita selengkapnya klik disini 
 
Sumber: Humas KLHK

Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video