KLHK Launching Model Desa RHL Berbasis DAS

admin 08:34:33 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Pembangunan model desa Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) berbasis Daerah Aliran Sungai (DAS) dapat memberikan contoh/ model bagi para pemangku kepentingan tentang berbagai bentuk pelaksanaan kegiatan RHL yang berbasis DAS, pada lingkup administrasi terkecil.

Tanggal 11 Juli 2018, Desa Cilampuyang, Kabupaten Garut, sebagai model desa RHL berbasis DAS dilaunching KLHK melalui BPDASHL Cimanuk Citanduy oleh Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Bapak IB. Putera Parthama, P.hD. Selain melaunching acara tersebut Dirjen PDASHL melakukan penanaman serta menandatangani perjanjian kerja sama antara BPDASHL dan 10 Universitas dalam merehabilitasi hutan dan lahan.

Sasaran pengembangan Model Desa RHL adalah lahan pertanian dan perkebunan kering. Desa Cilampuyang yang memiliki luas 1470 Ha secara hidrologis berada di daerah hulu Cimanuk dan berfungsi sebagai daerah tangkapan hujan atau resapan air yang aktif serta sebagai tempat pertanian rakyat. Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy dalam sambutannya meminta dukungan dari pemerintah Garut untuk membantu meningkatkan kualitas tanah dan air berbasis DAS.

Pembangunan model desa RHL berbasis DAS merupakan satu paket kegiatan yang di dalamnya terdapat pekerjaan : pembuatan rancangan model desa RHL berbasis DAS dan pendampingan masyarakat, pembuatan agroforestri, pembuatan KBR, pembuatan dam penahan, pembuatan gully plug, dan pembuatan sumur resapan air. Dengan pembangunan model ini, desa diharapkan mampu menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya.

Sumber: Ditjen PDASHL

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video