Orientasi Pemulihan Ekosistem dengan Mekanisme Alam di TN Matalawa

admin 08:30:34 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Waingapu, 10 Juli 2018. Kawasan di Resort Tandulajangga Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) mengadopsi metode mekanisme alam dalam memulihkan kondisi ekosistemnya. Membangun kesamaan persepsi antara pemangku kawasan sebagai penanggung jawab kegiatan pemulihan ekosistem dengan kelompok kerja (POKJA) yang terdiri dari para masyarakat sekitar kawasan perlu dibangun sejak dini. Oleh karena itu, dengan dipimpin oleh Romelus sebagai kepala Resort Tandulajangga, tim penanggung jawab mengadakan sosialisasi dan orientasi lapangan kepada POKJA.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Resort Tandulajangga pada tanggal 9 dan 10 Juli dengan dihadiri oleh 10 anggota POKJA dan 5 orang dari tim penanggung jawab. Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan penguatan kelompok serta penyusunan hak dan kewajiban POKJA serta dilanjutkan dengan pemberian gambaran umum pelaksanaan RPE mekanisme alam. Kegiatan lapangan dilakukan pada hari kedua dengan orientasi pada kawasan yang akan dipulihkan ekosistemnya. Dalam orientasi lapang ini, para anggota tim penanggung jawab juga tidak lupa menyampaikan amanat dari Kepala Balai agar para anggota POKJA meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran hutan.

Pemulihan ekosistem pada kawasan konservasi yang menjadi amanat pemerintah memiliki beberapa metode pengerjaan. Salah satu metode yang digunakan adalah mekanisme alam yaitu tindakan perlindungan terhadap kelangsungan proses alami, untuk tujuan tercapainya keseimbangan sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya mendekati kondisi aslinya.(asi/mtlw)

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video