SALAMLAHI (Satu Langkah Menuju Lantigiang Hijau)

admin 08:32:49 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

JINATO - Taka Bonerate Kepulauan Selayar, 7 Juli 2018. Pulau Lantigiang adalah salah satu pulau tak berpenghuni di kawasan TN.TBR yang sangat gersang dan tidak memiliki air tawar namun memiliki pemandangan lanskap yang cantik, pasir putih yang menyilaukan mata, air laut yang jernih dan melihat sunset disatu titik berdiri. Pulau tersebut rencananya dikembangkan sebagai spot destinasi wisata baru.

SALAMLAHI ini dilaksanakan secara swadaya (06/07) oleh Kelompok MDK (Model Desa Konservasi) Jinato Marennu dan Komunitas Pemuda Jinato yang dibina kawan-kawan Resor Jinato dan SPTN II Jinato. 
Rangkaian kegiatan SALAMLAHI meliputi penyiapan bibit Ketapang, penanaman, dan bersih pantai.
Kelompok MDK ini memiliki beberapa divisi/seksi diantaranya kepemanduan, homestay, transportasi, konsumsi-souvenir, pengamanan kawasan, dan rehabilitasi. 
"Mereka sudah siap menerima dan mengelola wisatawan serta melakukan pemulihan ekosistem", jelas Faat Rudhianto Kepala Balai TN. Taka Bonerate. 
Rencananya pihak TN. Taka Bonerate buat Perjanjian Kerjasama dengan mereka.
Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kelompok masyarakat ini juga dibantu oleh mitra WWF dan WCS melalui pelatihan-pelatihan. 
Salam HIJAU, Salam LESTARI...

Sumber : Asri PEH - Balai TN. Taka Bonerate

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video