Dukung IKLH di Kawasan Wisata Prinas, P3KLL Teliti Kualitas Air Laut Mandalika

admin 09:13:25 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

P3KLL (Serpong, 11/6/2018)_Pengembangan kawasan pesisir dan laut menjadi pelabuhan dan wisata bahari tentunya berpengaruh pada kondisi alaminya. Untuk mendapatkan informasi kualitas air laut di Kawasan Wisata Bahari Mandalika, salah satu bentuk pemanfaatan pesisir, tim peneliti Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) melakukan pengambilan sampel pada 8 – 11 Mei 2018 lalu.

Sampel tersebut akan menghasilkan data primer yang digunakan untuk perhitungan kualitas air laut Mandalika. Kegiatan penilaian indeks kualitas air laut seperti ini telah dilakukan beberapa tahun terakhir. Dengan menerapkan formulasi indeks kualitas air laut, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung indeks kualitas lingkungan hidup.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Badan Litbang dan Inovasi - KLHK dalam mendukung kawasan wisata Prioritas Nasional. Sebagaimana diketahui, Pantai Putri Mandalika yang berada di Nusa Tenggara Barat, sebelah Pantai Seger Kuta Lombok, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini merupakan salah satu kawasan wisata yang menjadi Prioritas Nasional. Kualitas air laut yang bersih dan sehat tentunya akan mendukung kelangsungan wisata Mandalika untuk jangka panjang.

Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampel menggunakan metode SNI untuk sampling dan pengujian air laut, di 5 titik sampling, di kawasan ekonomi khusus mandalika resort. Pengambilan sampel dengan parameter indikator berupa pH, TSS, DO, NH3, Minyak Lamak dan ortho fosfat, selanjutnya dianalisis di Laboratorium Air P3KLL, di Serpong.

Kriteria kualitas air laut akan digambarkan dalam rumusan indeks kualitas air laut, menggunakan parameter indikator yang didapat dengan metode Delphi, dan metode pembobotan NSF. Hasil perhitungan indeks kualitas air laut ini diharapkan dapat memberikan masukan pada kebijakan pemerintah dan pengelola kegiatan wisata, serta memberikan sumbangan untuk indeks kualitas lingkungan hidup.***

Sumber: Litbang KLHK

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video