Membangun Kebersamaan Mitra Pengelola Wisata Alam Gunung Ciremai

admin 18:07:54 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Kuningan, 11 Juni 2018. Peluang yang diberikan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) kepada masyarakat sekitar untuk mengakses potensi jasa lingkungan wisata alam di dalam kawasan secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan pendapatan secara bertahap mendapat respon baik. Sebelumnya sebagian besar menganggap menjadi pengelola wisata alam bukan masa depan yang menjanjikan. Namun saat ini perkembangan sangat pesat, dari 23 lokasi wisata alam di dalam TNGC pada tahun 2011 menjadi 64 lokasi wisata alam lingkup Kuningan dan Majalengka. Tak hanya masyarakat, namun pemerintah daerah melalui badan usaha milik daerah dan swasta juga ikut berkontribusi.

Pada awal Mei lalu, telah dilaksanakan peningkatan kapasitas manajerial kelompok pengelola wisata alam lingkup Kuningan sebanyak 30 orang yang merupakan perwakilan setiap pengelola wisata alam. Kegiatan dilaksanakan di Waduk Darma, lokasi yang dikelola Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Kuningan di luar kawasan TNGC. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan wisata alam. Kekompakan dan kebersamaan internal kelompok menjadi titik utama sebagai modal awal suksesnya pengelolaan dan pelayanan. Sebagian besar, setiap kelompok akan mengalami masa-masa kritis internal kelompok karena perbedaan pendapat, kurang komunikasi dan keterbukaan. Melalui kegiatan ini diharap masing-masing kelompok dapat melakukan manajemen internal kelompok lebih baik lagi, mengingat kemungkinan peningkatan kunjungan setelah diresmikannya bandara internasional Kertajati di Majalengka oleh Presiden RI beberapa saat berselang.

Selain membangun kebersamaan internal kelompok, kerjasama antar kelompok sangat diperlukan agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat satu sama. Sedari awal masing-masing lokasi wisata alam di TNGC memiliki tema yang memiliki ciri khas. Pengunjungpun dapat memilih lokasi mana yang akan dikunjungi, bahkan setiap kelompok pengelola wisata alam dapat merekomendasikan lokasi lain sesuai dengan kebutuhan pengunjung. [teks& foto©?Sirod - BTNGC | 062018]

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Ciremai

 Informasi lainnya klik disini

Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video