Atas SI Kartu Identitas Pohon dengan QR Code, Puslitbang Hutan Terima Penghargaan dari Pemkot Bogor dan STP Bandung

admin 09:57:36 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Puslitbang Hutan (Bogor, 17/5/2018)_Beberapa waktu lalu, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbang Hutan), Badan Litbang dan Inovasi, KLHK menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Bogor dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Kedua penghargaan itu terkait atas inovasinya berupa Sistem Informasi Kartu Identitas Pohon (KIP) dengan Quick Response (QR) Code yang telah dimanfaatkan oleh kedua instansi tersebut.

Inovasi Puslitbang tersebut telah diaplikasikan terhadap pohon-pohon pelindung di sepanjang jalan protokol Kota Bogor dan Hutan Penelitian (HP) Cikole sebagai bagian dari pengembangan ekowisata.

Sebagaimana diketahui, pohon-pohon pelindung di sepanjang jalan protokol Kota Bogor merupakan salah satu sumber biodiversitas kekayaan alam Indonesia yang penting. Selain sebagai pelindung, pohon-pohon tersebut juga berguna sebagai penyerap karbon dan obyek konservasi untuk pelestarian.

Demikian juga halnya dengan HP Cikole yang terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. HP Cikole penting untuk kegiatan introduksi jenis, baik jenis asli maupun jenis asing, khususnya untuk jenis-jenis dataran tinggi.

Terkait itu, masyarakat luas terutama generasi muda perlu mendapatkan informasi ilmiah tentang deskripsi pohon sebagai bahan untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya. Untuk itu Puslitbang Hutan telah mengembangkan sistem informasi KIP dengan QR Code yang bertujuan untuk memberikan informasi ilmiah kepada masyarakat luas.

KIP ini merupakan sistem yang dikembangkan untuk mengidentifikasi pepohonan melalui penandaan pohon dengan menambahkan informasi yang lebih lengkap dengan QR Code. Dipindai menggunakan telepon pintar (smart phone) QR Code menyampaikan informasi secara cepat dan mendapatkan respon yang cepat pula.

KIP merupakan inovasi yang menggabungkan sistem yang selama ini telah diterapkan dalam pengenalan jenis atau identitas pohon dengan perkembangan teknologi infomasi. QR Code bukanlah sebuah teknologi baru, akan tetapi penerapannya di lingkup KLHK relatif masih baru.

Sistem informasi KIP ini telah diaplikasikan pada Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Cikampek, Arboretum Gunung Batu, Arboretum Manggala Wanabakti, HP Cikole, HP Dramaga, serta pada pohon-pohon pelindung di sepanjang jalan protokol Kota Bogor.***

Sumber: : Litbang KLHK

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video