Monitoring Elang Jawa Untuk Pastikan Populasi Di TN Bromo

admin 09:32:34 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Malang, 17 Mei 2018. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BTNBTS) merupakan salah satu tempat sebaran Elang Jawa (Nisaetus bartelsi). Untuk mengetahui populasi Elang Jawa maka BBTNBTS membuat tim yang bertugas melakukan monitoring Elang Jawa rutin setiap bulan sepanjang tahun 2018. Monitoring Elang Jawa dibagi pada beberapa tempat yang sudah ditentukan (site monitoring), pengamatan untuk bulan April ini dilakukan pada tanggal 23 – 25 April 2018.
Koestriadi Nugra Pratesetya, salah satu anggota tim monitoring yang biasa disapa "Ibung" menyampaikan “Keberadaan Elang Jawa didapat pada hari ke 2 (dua), terlihat sebanyak 2 (dua) individu elang jawa di site monitoring BBTNBTS”. 
“Pada hari itu, cuaca cerah panas, elang sedang melakukan pergerakan soaring (meluncur) mencari mangsa kurang lebih 10 menit. Setelah itu, menghilang dari peredaran dan tidak lama kemudian cuaca mulai berkabut sehingga elang tidak muncul kembali”, ujar ‘Ibung’ menambahkan. 
Site monitoring merupakan lokasi yang dipilih dan cocok untuk pengamatan karena lokasi tersebut berada di lokasi yang tinggi, memiliki sudut pandang yang cukup luas dan terbuka sehingga dapat melihat pergerakan terbang elang jawa yang diamati.
Elang Jawa merupakan jenis burung pemangsa endemik di Pulau Jawa, jenis ini merupakan satwa karismatik sebagai (umbrela spesies) yang dapat mewakili contoh sehatnya habitat dan ekosistem hutan serta nilai penting keanekaragaman hayati di Pulau Jawa.

Sumber: Siti Maya - BBTN Bromo Tengger Semeru

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video