Balai TN. Tesso Nilo Luncurkan Paket Wisata Tubing Sungai Nilo

admin 07:34:34 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Lubuk Kembang Bunga, 12 Mei 2018. Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) dan Persatuan Masyarakat Ekowisata (PME) fasilitasi dan luncurkan wahana baru wisata pada tanggal 12 Mei 2018. PME sebuah kelompok masyarakat binaan Balai TN. Tesso Nilo menawarkan paket wisata baru berupa "Tubing Sungai Nilo", kegiatan ekowisata ini berenang dengan menggunakan ban pelampung yang diluncurkan bertepatan dengan gelaran acara adat "Mandi Balimo Potang Mogang Basamo Gajah" Desa Lubuk Kembang Bunga. (*tradisi adat masyarakat melayu menyambut Bulan Ramadhan)

Peluncuran tubing ini dilaunching oleh Kepala Seksi Pengelola Wilayah I Lubuk Kembang Bunga Balai TNTN Taufiq Haryadi, S.P yang pada saat peluncuran tubing Sungai Nilo langsung ikut turun mencoba wahana tersebut. Sepuluh orang dari TNTN, PME dan masyarakat ikut serta dalam tubing Sungai Nilo pertama setelah peluncuran resmi dibuka. Start tubing dari hulu Sungai Nilo dan finish di gelaran adat “Mandi Balimau Potang Mogang Basamo Gajah”.  

Sungai Nilo yang letaknya membelah belantara hutan TN. Tesso Nilo hingga saat ini menjadi urat nadi kehidupan oleh masyarakat sekitar, baik itu manusia maupun satwa dan flora. Sensasi menyusuri Sungai Nilo dengan Ban Pelampung menjadi kegiatan wisata menawarkan keseruan pengamatan hidupan liar dan aktivitas masyarakat disungai tersebut. Kegiatan ini juga menambah pengetahuan wisatawan lingkungan hidup dan budaya masyarakat melayu di sekitar Taman Nasional Tesso Nilo.

Air Sungai yang sejuk dapat digunakan wisatawan untuk menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari. Wisatawan dapat mengabadikan keseruan tubing dan kemolekan Sungai Nilo serta didampingi langsung oleh pemandu ekowisata. Ditepian Sungai Nilo yang jadi rute tubing, para wisatawan juga dapat bermain dengan hamparan pasir putih yang terbentang luas.

Kepala Seksi Pengelola Wilayah I LKB mengatakan bahwa wisata tubing Sungai Nilo sengaja diluncurkan pada gelaran perayaan hari besar masyarakat mengingat promosi kepada masyarakat yang ramai berkumpul pada saat perayaan tersebut, ”Sengaja kita luncurkan di acara mandi balimau potang mogang basamo gajah karena ini merupakan momen besar dimana masyarakat  sekitar berkumpul dan kita harapkan dapat membantu penyebarluasan informasi mengenai potensi wisata yang ada di TNTN” terang Kepala SPW I LKB Taufiq Haryadi, S.P.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video