Pemulihan Ekosistem Ranupani Mulai Tampak Hasilnya

admin 20:44:28 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Ranupani, 15 April 2018. Ranupani merupakan salah satu ranu/danau yang terdapat di basecamp jalur pendakian Gunung Semeru Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang kondisinya tertutup oleh tanaman gulma yang invasive (Salvinia molesta). Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) sejak awal april 2018 bersama masyarakat sekitar Ranupani melakukan pembersihan secara manual dengan cara meminggirkan salvinia di tepi Ranupani menggunakan tenaga manusia. Saat berita ini diturunkan (15/4/18) proses pembersihan sudah memasuki hari ke 10.

Menurut keterangan Kepala SPTN III Senduro, Bidhin Lintang Anggrahaini “Salvinia yang sudah berhasil dibersihkan sudah sekitar 30%, sudah mulai terlihat kembali air yang terdapat di ranupani, dugaan cepatnya pertumbuhan salvinia di Ranupani karena limpasan air dari lahan masyarakat yang mengandung pupuk tinggi nutrisi”.

Proses pembersihan Ranupani memang rutin dilakukan setiap tahunnya. Untuk tahun ini proses pembersihan direncanakan selama 36 hari.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video