Rainbow Warrior Berlayar ke Papua Mendukung Hutan Adat

admin 20:56:35 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 13 Maret 2018. Kapal legendaris Greenpeace Rainbow Warrior kembali berlayar ke Indonesia dengan menjadikan Bumi Cendrawasih sebagai pintu masuk utamanya. Tema pelayaran Rainbow tahun ini adalah "Perubahan Iklim dan Kekuatan Masyarakat" (Climate Change and People Power). Pada tur kali ini, Greenpeace akan menampilkan cerita keberhasilan Kampung Manggroholo dan Sira di Papua mendapatkan izin hak pengelolaan Perhutanan Sosial dengan skema Hutan Desa.

“Karena hutan itu untuk rakyat, maka program yang sedang dikerjakan sejak tahun 2015 adalah Perhutanan Sosial. Inti perhutanan sosial adalah bagaimana keadilan itu diwujudkan” ucap Bambang Supriyanto, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, saat menyambut kedatangan kapal Rainbow Warrior di Manokwari (12/03/2018).. 

Program Perhutanan Sosial yang tengah didorong pemerintah bertujuan untuk mengurangi konflik, ketimpangan lahan, mengurangi pengangguran, dan kemiskinan masyarakat setempat di sekitar hutan. Telah dialokasikan lahan kawasan hutan seluas 12,7 jt ha untuk Perhutanan Sosial dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Kemitraan Kehutanan dan Hutan Adat.

Untuk menyelamatkan hutan dan lingkungan, menurut Bambang dibutuhkan sebuah gerakan publik. Banyak kemajuan yang telah dicapai Indonesia dengan adanya gerakan publik, misalnya menurunnya laju deforestasi, tidak ada asap lintas negara dan Ratifikasi Paris Agreement dan Ratifikasi Konvensi Minamata. 

Dijelaskan Bambang, sejak 2015 – 2017 laju deforestasi menurun dari 1,7 juta ha/tahun menjadi 435 ribu ha/tahun. Begitu juga asap lintas negara, pada tahun 2017 sudah tidak ada lagi. Jika di tahun 2015 terdapat asap lintas batas 21 hari, tahun 2016 empat hari, dan tahun 2017 nol hari. 

“Itu sudah merupakan prestasi yang sangat baik dalam konteks gerakan publik. Diharapkan melalui gerakan publik rainbow, prestasi tersebut akan dipertahankan. Sehingga hutan lestari dan masyarakat sejahtera”, kata Bambang. 

Berita selengkapnya klik disini

Sumber: Humas KLHK


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video