Pandu Penyuluh dan Petani, BP2LHK Palembang Terbitkan Buku Panduan Budidaya Tembesu

admin 13:12:47 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

BP2LHK Palembang (Palembang, Februari 2018)_Salah satu jenis tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan telah banyak dikembangkan di wilayah Sumatera Bagian Selatan adalah kayu tembesu (Fagraea fragrans Roxb). Agar berhasil, budidaya tembesu harus dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip penanaman dan budidaya yang tepat. Untuk memandu penyuluh dan petani, BP2LHK Palembang menerbitkan Buku Panduan Budidaya Tembesu.

Buku ini ditulis oleh peneliti yang sudah lama berkecimpung di penelitian dan pengembangan kayu tembesu, Agus Sofyan. Menurutnya, tembesu ini cukup unik. Di saat jenis-jenis kayu komersil lainnya mengalami penurunan potensi bahkan dikhawatirkan akan mengalami kepunahan, tembesu cukup eksis keberadaannya di berbagai wilayah Sumatera Bagian Selatan.

“Tembesu ini sudah menjadi bagian dari budaya kearifan lokal. Menurut ketentuan adatnya, bila menebang 1 pohon tembesu dewasa, harus diganti dengan menanam 10 bibit tembesu,” jelas Sofyan.  

Masih penjelasan Agus Sofyan, tembesu ini memiliki kualitas yang sangat baik, yaitu kelas kuat I-II dan kelas awet I, sehingga hasil olahannya bisa tahan lama. Terlebih lagi kayu ini cukup toleran, gampang tumbuh pada berbagai kondisi lahan dengan kemampuan regenerasi yang tinggi, baik melalui tunas akar maupun biji.

Buku Panduan Budidaya Tembesu ini terdiri dari sepuluh Bab. Susunan bab-bab tersebut merunut mulai dari proses pengenalan tanaman tembesu sampai pemanenannya. Bab pertama berisi pendahuluan dan bab kedua mengenalkan tembesu kepada pembaca. Penyiapan benih diulas di bab ketiga, sedangkan pembuatan bibit dideskripsikan di bab empat.

Cara-cara menanam dan pemeliharaan dikupas tuntas di bab lima dan enam. Bab tujuh mengulas tentang pemangkasan cabang, sedangkan bab delapan membahas tentang penjarangan. Dua bab terakhir, menceritakan tentang pertumbuhan tembesu dan pemanenannya.

Untuk dapat membaca lebih lengkap, silahkan akses tautan link berikut ini http://www.bpk-palembang.org/publikasi/buku/budidaya-tembesu-bag-i.html.***FA

Sumber: Litbang KLHK


Berita Terkait

Informasi Terpopuler

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video