Dosen dan Mahasiswa Unimed Jajaki Potensi Riset di BP2LHK Aek Nauli

admin 19:54:58 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, 08/02/2018)_Dosen dan Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Negeri Medan (Unimed) berkunjung ke Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, Kamis (08/02). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjajaki potensi riset yang ada di Aek Nauli.

BP2LHK Aek Nauli memiliki Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli dengan luas 1.900 Ha. Kawasan yang terdiri dari berbagai tipe vegetasi dan tutupan lahan yang ada didalamnya ini tersedia untuk dieksplorasi oleh para mahasiswa. Hal ini disampaikan Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si saat menerima kunjungan ini.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di ruang rapat BP2LHK Aek Nauli ini, Pratiara menjelaskan berbagai potensi yang dapat dijadikan sebagai objek riset yang terdapat di BP2LHK Aek Nauli, Khususnya pada KHDTK Aek Nauli.

“Disini kami memiliki berbagai kegiatan dan potensi riset seperti budidaya lebah madu, konservasi gajah jinak, budidaya kemenyan, taksus, pirdot, serta beragam jenis flora dan fauna lainnya yang siap dieksplorasi dan digarap oleh para mahasiswa untuk dijadikan sebagai objek riset,” ungkap Pratiara.

Pada kesempatan ini juga, Pratiara menyampaikan harapannya agar hubungan antara BP2LHK Aek Nauli dengan Unimed tidak hanya sebatas riset para mahasiswa, namun perlu aksi dan tindak lanjut lebih jauh di bawah payung hukum Perjanjian Kerjasama yang nantinya diharapkan dapat menghasilkan berbagai output terkait riset dan pengembangan serta dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Mufti Sudibyo, M.Si selaku Dosen Fakultas Biologi Unimed menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti dan menggali lebih jauh lagi terkait berbagai potensi objek riset yang terdapat di BP2LHK Aek Nauli.

Lebih lanjut Mufti mengungkapkan ketertarikannya untuk menjalin kerjasama dengan BP2LHK Aek Nauli. “Kami akan menindaklanjuti tawaran perikatan kerjasama ini dengan melaksanakan audiensi kepada Rektor Unimed terkait manfaat kerjasama bagi kedua belah pihak dan masyarakat serta berbagai potensi yang terdapat pada BP2LHK Aek Nauli sebagai lokasi penelitian para mahasiswa nantinya,” kata Mufti.

Pertemuan ini juga membicarakan tentang rencana riset lebah madu trigona oleh salah satu mahasiswa Unimed. Pada kesempatan ini, Aam Hasanudin, S.Hut, teknisi BP2LHK Aek Nauli selaku tenaga ahli lebah madu menyatakan kesiapannya untuk membantu pelaksanaan penelitian terkait lebah madu.

“Untuk pelaksanaan penelitian diperlukan komunikasi yang intensif agar tujuan penelitian dapat tercapai nantinya,” kata Aam.

“Yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian waktu penelitian dengan cuaca dan waktu berbunga tanaman yang merupakan salah satu faktor penting terhadap optimalnya hasil budidaya lebah madu nantinya,” lanjut Aam.

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan pertemuan lanjutan yang lebih terencana dan melibatkan berbagai pihak dari beragam bidang ilmu sehingga dapat menghasilkan rencana kerjasama dan penelitian yang lebih matang.***Hrs & NNN

Sumber: Litbang KLHK

Informasi lainnya klik disini


Berita Terkait

Informasi Lainnya

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video